Kinerja Badan Bahasa 2022, Superaplikasi Halo Bahasa yang Inovatif dan Transformatif

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Jakarta –  Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbudristek lakukan sejumlah inovasi dan transformasi selama 2022.

Di bidang kelembagaan, inovasi, dan transformasi telah dilakukan juga sejumlah capaian antara lain 1) Meningkatkan eselon di 15 Balai Bahasa berdasarkan Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2022, 2) Menetapkan rincian tugas Balai dan Kantor Bahasa berdasarkan Kepmendikbudristek Nomor 257/O/2022, 3) Membentuk Jabatan Fungsional Widyabasa berdasarkan Permen-PANRB Nomor 2 Tahun 2022 dan Permendikbudristek Nomor 37 dan 38 Tahun 2022, serta menetapkan Kelas Jabatan melalui Surat Men-PANRB Nomor B/1239/M.SM.02.00/2022.

Selain itu juga meloloskan empat Satker UPT mewakili Kemdikbudristek dalam penilaian ZI WBK tingkat nasional, yakni Balai Bahasa Jawa TImur, Balai Bahasa Bali, Balai Bahasa Kalimantan Tengah, dan Kantor Bahasa Nusa Tenggara Barat, yang akhirnya dua unit kerja, yakni Balai Bahasa Jawa Timur dan Balai Bahasa Bali, berhasil meraih penghargaan dari Menteri PANRB sebagai unit kerja berpredikat ZI WBK.

Shopee Indonesia

Sementara untuk meningkatkan layanan yang prima dan mewujudkan moto Bermartabat-Bermanfaat, Badan Bahasa juga melakukan inovasi melalui satu superaplikasi Halo Bahasa. Superaplikasi tersebut melingkupi beberapa hal, yaitu: Data Pokok Kebahasaan dan Kesastraan (Dapobas) yang dapat diakses melalui alamat dapobas.kemdikbud.go.id, Padanan Istilah (Pasti) yang dapat diakses melalui alamat pasti.kemdikbud.go.id, serta Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring yang dapat diakses melalui alamat kbbi.kemdikbud.go.id.

Selain itu pada melalui satu superaplikasi Halo Bahasa juga ada KBBI Disnetra yang dapat diunduh dari laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Sipebi yang dapat diinstal pada PC/Laptop Windows 10 dan dapat diunduh dari laman KBBI daring, UKBI Adaptif Merdeka yang pelaksanaan ujinya dapat diakses melalui laman ukbi.kemdikbud.go.id.

Selanjutnya ada layanan Ahli Bahasa yang dapat diakses melalui alamat ahlibahasa.kemdikbud.go.id, BIPA Daring yang dapat diakses melalui alamat bipa.kemdikbud.go.id, Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan Edisi V yang dapat diakses melalui ejaan.kemdikbud.go.id, Ensiklopedia Sastra Indonesia yang dapat diakses melalui ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/.

Kemudian ada Tesaurus Tematis Bahasa Indonesia yang dapat diakses melalui tesaurus.kemdikbud.go.id/tematis/, serta Korpus Indonesia (KOIN) yang dapat diakses melalui korpusindonesia.kemdikbud.go.id, dan Buku Digital (BUDI) sebagai penunjang literasi yang dapat diakses melalui budi.kemdikbud.go.id. (sumber: medcom)

Blibli.com
Shopee Indonesia