oleh

Ini Platform Pendidikan yang Bisa Diakses dengan Akun Belajar.id

Jakarta – Akun belajar.id memberi banyak keleluasaan akses terhadap platform lain, terutama platform-platform yang dikembangkan oleh Kemdikbudristek.

Hal ini sangat bermanfaat baik bagi guru, tenaga kependidikan, maupun siswa. Ada banyak platform lho yang bisa diakses di akun belajar.id.

Berikut platform yang bisa diakses di belajar.id dikutip dari laman Kemendikbud:

Google Workspace for Education

Pemilik akun belajar.id dapat menggunakan beragam fitur yang tersedia pada Google Workspace for Education. Fitur-fitur itu, yakni Google Meet, Google Classroom, Google Docs, Google Spreadsheet, dan Google Slides, dan Google Form.

Yang berprofesi sebagai guru dapat memaksimalkan fitur-fitur tersebut untuk pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran berbasis digital.

Rapor Pendidikan

Platform Rapor Pendidikan yang dirilis oleh Kemdikbudristek juga merupakan platform yang dapat diakses menggunakan akun pembelajaran. Rapor Pendidikan dapat dimanfaatkan untuk melihat, merefleksi, dan merencanakan peningkatan kualitas berbasis data. Rapor Pendidikan dapat diakses oleh Dinas Pendidikan dan satuan pendidikan.

Platform Merdeka Mengajar

Kemdikbudristek juga merilis Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat.

Baca Juga:  Kasus Kepsek Pukul Siswi, Ace: Pendisiplinan Harus Dilakukan dengan Humanis - Edukatif

Terdapat beberapa menu utama, yaitu Asesmen Murid, Perangkat Ajar, Pelatihan Mandiri, Bukti Karya, Komunitas, dan Video Inspirasi.

Chromebook

Beberapa tahun belakang, Kemdikbudristek melalui satuan kerja di bawahnya memberikan bantuan berupa Chromebook, jenis komputer baru yang dirancang khusus menggunakan Chrome Operating System yang dikembangkan oleh Google.

Penggunaan Chromebook yang dikombinasikan dengan akun belajar.id akan menjadi lebih maksimal.

Berita Terkini