oleh

Fenomena Gerhana di 2023, Catat Waktunya! Tiga Bisa Disaksikan di Indonesia

Jakarta – Tahun 2023 ini akan ada sejumlah fenomena astronomi, di antaranya empat peristiwa gerhana.

Namun sayang, menurut Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hanya ada tiga gerhana saja yang bisa dilihat dari langit Indonesia. Tiga gerhana yang bisa dilihat di Indonesia adalah Gerhana Matahari Hibrida (20 April 2023), Gerhana Bulan Penumbra (5-6 Mei 2023) dan Gerhana Bulan Sebagian (29 Oktober 2023).

Sedangkan satu gerhana yang tidak terlihat di Indonesia adalah Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi pada 15 Oktober 2023.

  1. Gerhana matahari hibrida (20 April 2023)

Gerhana matahari hibrida adalah kombinasi dari gerhana total dan annular. Dimulai sebagai satu jenis dan transisi ke yang lain. Kedua jenis gerhana Matahari tersebut terjadi dalam satu waktu secara berurutan dalam proses gerhana Matahari hibrida.

Hal menarik pada saat terjadi gerhana matahari ini yaitu bertepatan dengan ijtimak syawal yang merupakan penanda berakhirnya Ramadan dan masuknya awal bulan Syawal untuk melaksanakan Idul Fitri bagi umat muslim.

Baca Juga:  Sukses LKIR dan NYIA, Indonesia Bersiap Gelar Pameran Riset dan Inovasi Skala Internasional

Dilansir dari laman Edusains BRIN, terdapat 38 ibu kota provinsi yang bisa melihat Gerhana Matahari Hibrida dan 10 lokasi yang dilewati jalur gerhana total di Indonesia.

  1. Gerhana bulan penumbra (5-6 Mei 2023)

Gerhana Bulan penumbra terjadi ketika seluruh bagian Bulan berada di bagian penumbra. Tidak seperti saat gerhana Bulan total, gerhana Bulan penumbra masih menampakkan Bulan meski dengan warna yang suram.