Sosialisasi Penguatan Literasi, Disdik Sumenep Lakukan Pendampingan Guru Kelas

Sumenep – Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep bekerja sama dengan Tim Inovasi Jawa Timur melaksanakan pendampingan guru kelas awal kedua.

Kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari pendampingan sebelumnya pada tahap pertama, serta tindak lanjut pasca advokasi dan sosialisasi penguatan literasi bagi guru kelas awal yang dilaksanakan 2022 lalu.

Kasi Kurikulum dan Penilaian Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Buhari, M.Pd, berharap pendampingan bagi guru kelas awal tersebut dapat menjadikan sebagai refleksi terhadap peserta dalam hal penguasaan materi, yang diterima selama mengikuti advokasi dan sosialisasi penguatan literasi sebelumnya.

“Melalui kegiatan ini, kami juga ingin mengkaji penerapan materi dari masing-masing sekolah terhadap guru yang telah mengikuti advokasi dan sosialisasi penguatan literasi sebelumnya,’” ujar Buhari di sela-sela kunjungannya di SDN Marengan Daya 3, Rabu (25/1) lalu.

Melalui pendampingan di samping sebagai penguatan materi, peserta mendapatkan informasi dan praktik dari guru yang lain, sehingga dapat diterapkan di masing-masing sekolah sesuai dengan situasi, kondisi, kompetensi dan kemampuannya masing-masing sekolah.

Kemudian yang ketiga, pendampingan sebagai tolok ukur menentukan kegiatan literasi dan numerasi tahun ini, sehingga asesmen Nasional 2023 dapat diketahui sejak dini kemampuan listerasinya dan terhadap lembaga pendidikannya.

Diakuinya, jika kegiatan ini juga didampingi Fasilitator Daerah (Fasda) Inovasi, pengawas serta dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep harus bisa.

“Tentunya, ini dibuktikan dengan karya-karya inovatif atau praktik-praktik baik dari semua unsur mulai Dinas Pendidikan, Pengawas, semua guru serta siswa, hingga mendongkrak progres literasi dan numerasi di Kabupaten Sumenep,”imbuhnya.

Sementara Fasilitator Daerah (Fasda) Inovasi Kabupaten Sumenep, Wahyudi, S.Pd, menjelaskan, assesmen kedua yang dilaksanakan di SDN Marengan Daya 3 ini, merupakan refleksi dari materi sebelumnya diawali dengan penguatan literasi khususnya yang diseting di kelas, baik fisik maupun non fisik.