Sosialisasi Kegiatan Inovasi Puskesmas Sait Nihuta ‘Bucin Rematri’ di SMAN 1 Dolok Sanggul

Berita Daerah29 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Humbahas – Puskesmas Sait Nihuta Kecamatan Dolok Sanggul mengadakan kegiatan Sosialisasi Inovasi “Bucin Rematri” di SMA Negeri 1 Doloksanggul Kabupaten Humbahas dua hari silam.

Kegiatan tersebut disambut baik Kepala SMA N 1 Dolok sanggul  Panutur Simorangkir dalam rangka pencegahan dini stunting dan penandatangan MoU demi terlaksananya program tersebut.

Pada kesempatan itu dilaksanaan pemeriksaan hemoglobin darah pada remaja putri kelas X di SMA Negeri 1 Doloksanggul. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui remaja putri yang beresiko mengalami anemia.

Shopee Indonesia

Jika hasil pemeriksaan Hb-nya didapatkan kategori ringan, akan diberikan tindak lanjut seperti pemberian TTD untuk diminum 1×1 hari, dan kategori sedang tindak lanjutnya 2×1 hari di follow up 2-4 minggu.

Bila tidak membaik dalam waktu 4 minggu atau kondisi anemia semakin berat, bisa dirujuk ke RS. Dan apabila ada kategori ke 3 yaitu berat tindak lanjutnya akan segera di rujuk ke Fasyankes tingkat Lanjut seperti RS.

Selain pemberian tablet tambah darah (TTD) petugas juga memberikan edukasi agar remaja putri makan makanan bergizi dan Juga pada pelaksanaan screening perilaku merokok bagi anak usia sekolah  dan skoring by deteksi dini masalah emosi dan perilaku pada siswa/i kelas X SMA Negeri 1 Dolok sanggul.(*/theo)

Blibli.com
Shopee Indonesia