Fokus Peningkatan Karakter, Siswa SMPN 9 Semarang Dilatih Berwirausaha

Berita Daerah28 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Semarang – Kepala SMP N 9 Semarang Hasan Budisulistyo mengatakan sekolahnya fokus pada peningkatan pertumbuhan karakter pada siswa. Yakni dengan melatih mereka berwirausaha.

Salah satunya dengan pembesaran lele. Nantinya setiap siswa mendapatkan jadwal untuk memberi makan. “Sejak dini siswa memang dibekali dengan praktik kewirausahaan,” ujar Hasan saat ditemui di sekolah, Kamis (16/3) lalu.

Shopee Indonesia

Ia menambahkan, sebelum budidaya lele peserta didik dilatih dengan projek lain. Seperti pembuatan kalender yang kemudian di jual kepada masyarakat. Kemudian siswa juga dibekali dengan materi kewirausahan. Mereka membuat produk makana yang kemudian dipasarkan. Baik melalui online lewat sosial media dan offline dengan dititipkan ke masyarakat.

Shopee Indonesia

Kini pihaknya fokus terhadap pembesaran lele. Bibit awal diperoleh dari laba penjualan kalender. Selanjutnya dibelikan 1500 ekor ikan lele yang diletakkan di kolam kecil. Biasanya ikan ini dapat dipanen dua hingga tiga bulan sekali. Penjualannya ditawarkan kepada orang tua peserta didik. Selebihnya baru ditawarkan kepada masyarakat.

“Kalau panen bisa sampai 20 kg, kita tawarkan dulu ke orang tua. Setiap satu kilogram biasasnya dijual Rp23 ribu,” tambahnya.

Sejak tahun 2021, Hasan Budisulistyo menjabat sebagai Kepala SMP N 9 Semarang. Hasan sapaan akrabnya, terus berupaya meningkatkan prestasi serta mutu pendidikan peserta didik.

Ia terus mendorong kemajuan pendidikan di sekolah yang terletak di Jalan Sendang Utara Raya, Nomor 22 Semarang ini.  Mulai dari lingkungan sekolah hingga pengembangan karakter siswa menuju peningkatan mutu pendidikan dan profil pelajar Pancasila.

Upaya yang dilakukannya telah membuahkan hasil. Sekaligus meningkatkan kesan yang mendalam terhadap sekolah. Ia membeberkan rahasia serta caranya dalam membawa agen perubahan.

“Kurang lebih dua tahun saya di sini. Lebih tepatnya beberapa bulan terakhir saya mempunyai target agar SMP Negeri 9 bisa lebih dikenal masyarakat luas,” kata Hasan saat ditemui di sela-sela kegiatannya.

Ia menambahkan, sejak memimpin di SMP 9 Semarang, terdapat sembilan hal yang wajib dilakukan siswa dan guru. Semuanya berisi tentang penguatan pendidikan karakter. Antara lain tentang jiwa religius. Peserta didik harus punya rasa nasionalisme, gotong-royong, kritis, disiplin, kreatif, mandiri, berbudaya, peduli lingkungan, dan mempunyai jiwa kewirausahaan. (joglojateng)

Blibli.com
Shopee Indonesia