Waspada Data Pribadi Anda Dicuri, Jangan Asal Buka Link Aneh dari SMS atau WA

Teknologi35 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Tulungagung– Anda sering terima link aneh lewat SMS, e-mail, aplikasi percakapan WhatsApp, atau aplikasi media sosial lainnya? Awas, hati-hati, jangan asal klik, bisa saja itu adalah link kejahatan phising.

Hal itu mengemuka dalam diskusi literasi digital yang digelar Kemenkominfo di arena Festival Budaya Ketupat, Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Shopee Indonesia

Phising adalah jenis penipuan online dengan mengelabui target untuk mencuri data pribadi dan informasi sensitif lainnya. Hal ini memungkinkan pelaku kejahatan siber menguasai akun atau menarik uang dari data yang dicurinya,” jelas narasumber dalam diskusi bertajuk ‘Jangan Asal Klik, Waspada Link Phising‘, dalam keterangan tertulisnya, Kamis kemarin.

Shopee Indonesia

Agar tidak menjadi korban kejahatan phising dan kena tipu, pengguna sebaiknya mengenali tanda link palsu. Ciri-ciri link phising pada umumnya, yakni nama domain aneh dan terlalu panjang, biasanya domain gratisan, saat register minta data pribadi atau info sensitif lainnya, domain manipulatif, serta memakai kata gratis.

Tips menghindarinya jangan asal klik link dari orang asing, tergiur iming-iming hadiah, cek domain resmi di Google transparency report, dan jika sudah terlanjur jangan isi data diri,” sebut narasumber diskusi.

Selain phising, kini juga dikenal kejahatan ‘soceng’ atau social engineering melalui media telepon, e-mail, dan media sosial lainnya. Mirip dengan phising, soceng juga dilakukan dengan cara mengelabui dan memanipulasi korban agar bisa mendapatkan informasi data pribadi atau akses yang diinginkan.

Sejak dua tahun silam, Kemenkominfo aktif menyelenggarakan program nasional untuk meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada 2024. Program Indonesia #MakinCakapDigital (IMCD) membahas setiap tema dari sudut pandang empat pilar utama yakni, kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital. (medcom)

Blibli.com
Shopee Indonesia