Sekda Humbahas Buka Diseminasi Audit Kasus Stunting Tahap II

Berita Daerah65 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

HUMBAHAS – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Humbang Hasundutan (Humbahas) Christison Rudianto Marbun, M.Pd, membuka secara resmi kegiatan Diseminasi Audit Kasus Stunting Tahap II (2/11) di Aula Hutamas, Perkantoran Tano Tubu.

Kegiatan itu diikuti oleh Kepala Desa Sasaran Audit Kasus Stunting, pengelola gizi puskesmas, Perguruan Tinggi Stikes Kesehatan Baru Doloksanggul, PLKB dan Pimpinan OPD. Kegiatan juga menghadirkan tim pakar yaitu dr. Ratna Dewi, Sp.A (dokter spesialis anak), dr. Pantas Saroha, M.KED,OG, SP.OG (dokter obgyn) dan Tuti Hertati Purba, SKM, M.Kes (spesialis gizi). Ketiga tim pakar ini juga sekaligus menjadi narasumber.

Shopee Indonesia

Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Humbahas Christison Rudianto Marbun, M.Pd dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Humbahas memberi perhatian khusus pada permasalahan kasus stunting.

Shopee Indonesia

Target Kabupaten Humbahas sendiri untuk tahun 2024 adalah 13,5% dan target Nasional tahun 2024 adalah 14 %.

“Saat ini, angka stunting di Kabupaten Humbang Hasundutan sebesar 8,05% berdasarkan data EPPGM per 31September 2023.  Oleh karena itu saya mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih  kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penurunan angka stunting di Humbahas,” sebutnya.

Audit kasus stunting adalah identifikasi risiko dan penyebab risiko pada kelompok sasaran berbasis surveilans rutin atau sumber data lainnya.

Adapun tujuan untuk mengidentifikasi risiko terjadinya stunting, penyebab risiko sebagai upaya pencegahan dan perbaikan tata laksana untuk kasus yang serupa dan memberikan rekomendasi penanganan kasus dan perbaikan tata laksana.

“Oleh karena itu, Bapak/ Ibu yang hadir saat ini diharapkan untuk memberi perhatian khusus dan secara bersama-sama untuk mengaplikasikannya setelah kegiatan ini ditempat masing-masing, sehingga stunting di Kabupaten Humbahas semakin menurun,” imbuhnya.

Usai presentasi dari setiap pakar, pada kegiatan ini dilakukan tanya jawab terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi di lapangan. (*/theo)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com