Siswa MIN 1 Pasaman Barat Juara III Robotic Competition

PASAMAN BARAT – Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas Pasaman Barat, berhasil raih peringkat III kompetisi robotik.

Kompetisi robotik tingkat Sumatera Barat tahun 2024 yang digelar di Madrasah Aliyah Negeri 1 Payakumbuh, Selasa ,30 Januari 2024 itu, diikuti empat peserta didik dari MIN 1 Air Bangis. Hal itu disampaikan Kepala MIN 1 Pasaman Barat, Gustina  melalui pesan WhatsApp, Jumat (2/2).

Keempat peserta didik dari MIN 1 Pasaman Barat, adalah Aniiqa Zaahiya Faiza, Azhiya Humayra, Angelina Thomson, dan Zahi Baihaqi.

Dijelaskan Gustina, kompetisi robotik antar siswa madrasah itu, merupakan bagian dari robotic competition (MRC) nasional. Kegiatan ini telah dicanangkan semenjak beberapa tahun yang lalu.

“Untuk tingkat MI, model robotnya mesti bisa menjawab tantangan atau persoalan yang ada di sekolahan/madrasah (Robots for School),” jelas Gustina.

“Untuk tingkat MTs, model robotnya harus bisa menjawab tantangan atau persoalan rumah/home appliance (Robots for Household). Dan untuk tingkat MA, model robotnya harus bisa menjawab tantangan atau persoalan lingkungan (Robot for Environment)”, katanya.

“Alhamdulillah, pada lomba atau kompetisi robotik antar siswa madrasah se-Sumatera Barat di MAN 1 Payakumbuh, utusan MIN 1 Air Bangis berhasil meraih peringkat III ,” jelasnya.

Ke depan, harap Gustina, pihaknya bersama anak didik dan majelis guru sebagai pembimbing terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas robotik. Sehingga siswa MIN 1 Pasaman Barat mampu terus bersaing menuju sukses. (gmz)