oleh

HUT SD Inpres St Yosef Maumere Dimeriahkan Beragam Kegiatan

WPdotCOM, Maumere NTT – Sekolah Dasar Inpres St Yosef Maumere akan merayakan ulang tahun sekolah yang ke-36. Sejak berdiri tahun 1984 sekolah ini telah menoreh berbagai prestasi untuk kejayaan Nian (tanah) Sikka dan bangsa ini. Baik prestasi di bidang akademik maupun nonakademik.

Prestasi-prestasi itu mulai ditunjukkan oleh kepemimpinan kepala sekolah Yosephina Roswinda, S.Pd.SD mulai tahun 2015. Wajah sekolah berubah. Mulai tampilan fisik gedung direnovasi dengan baik. Manajemen administrasi ditata dengan rapi. Program-program kerja sekolah yang selama ini hanya formalitas, kini dilaksanakan. Segenap guru, pegawai, dan karyawan serta komite sekolah dimaksimalkan.

Blibli.com

Dari tahun 2015 sampai 2020 prestasi akademik pun diraih. Dengan menjuarai beberapa lomba di bidang sains tingkat Kabupaten dan lomba seni antara lain seni tari, musik tradisional, dan paduan suara gerejani. Sekolah ini aktif dalam kegiatan kepramukaan, peduli lingkungan,dan kemasyarakatan.

Hal ini bertolak dari moto sekolah St. Yosef ‘Bersinar’ (bersinar, elok, rapih, sejuk, indah, nyaman, ramah). Didukung dengan visi sekolahnya, terwujudnya peserta didik yang cerdas, berkarakter, dan berwawasan lingkungan.

Ketika Warta Pendidikan menyambangi sekolah itu hari ini, 18 Maret 2020 jam delapan pagi, berbagai persiapan untuk menyambut puncak hari ulang tahun sekolah begitu sibuk. Persiapan terakhir yang dominan adalah atraksi drumband St Yosef untuk meramaikan jalan sehat bersama yang akan digelar tanggal 19 Maret 2020 sebagai puncaknya. Rute jalan sehat melewati jalan-jalan utama protokol dalam kota Maumere, Flores-NTT. Peserta yang hadir dalam jalan sehat yaitu, segenap warga sekolah dan orangtua wali siswa.

”Bertolak dari prinsip keteladanan dan berintegritas, setiap pagi saya selalu menyempatkan diri untuk memulai untuk menjadi contoh bagi rekan-rekan guru yang ada di sekolah ini. Segala yang disepakati bersama itu, harus dilaksanakan. Saya selalu memotivasi rekan-rekan guru bekerja dan menemukan hasilnya, ”kata Roswinda, ketika ditanya oleh Warta Pendidikan tentang rahasia sukses membuat sekolah ini menjadi lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Kemudian apa harapan ke depan jika sudah diganti dengan kepala sekolah lain, ia mengharapkan agar guru-guru harus diberdayakan melalui supervisi kelas. Hal yang kedua, program kerja harus dilaksanakan bukan hanya sekedar formalitas. Kemudian, peningkatan mutu hasil belajar siswa dengan pendekatan yang maksimal melalui kegiatan pembelajaran. Terakhir harapannya, agar kerja sama dengan pemerintah daerah, tokoh masayarakat, dan komite harus terus berjalan dan harmonis.

“Masyarakat banyak berkesan yang baik tentang sekolah ini, sehingga tetap menjaga kepercayaan ini,” tegasnya.

Untuk meriahkan puncak acara tanggal 19 Maret 2020, setelah jalan sehat dilanjutkan santap pagi bersama. Kemudian dipentaskan acara hiburan sederhana tapi menarik. Kreasi seni siswa, para guru, dan orang tua, serta dipadu dengan tarian daerah massal. Tarian Jai, Gawi, dan Gemu Fa Mi Re. (*)

Reporter: Adrianus Bareng

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *