Tingkat Kreativitas Guru Jadi Kunci Keberhasilan Pembelajaran Selama Pembatasan Sosial Berskala Besar

WPdotCOM, Jakarta – Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang ditetapkan pemerintah dalam rangka mengatasi persoalan pandemi Covid-19 turut berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Guru memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran yang dilakukan dari rumah.

Pembelajaran jarak jauh, di mana guru memberikan bahan bacaan dan tugas melalui media daring, sedikitnya menambah waktu membaca siswa. Selain itu, perubahan metode pembelajaran tersebut menuntut peningkatan kualitas dan kompetensi pendidik agar penyampaian materi berjalan optimal.

“Kreativitas dan inovasi guru dalam penyampaian materi menjadi faktor kunci agar murid mudah memahami dan tidak bosan,” ucap Muhadjir dalam paparan Rapat Terbatas Strategi Peningkatan Indonesia dalam Program PISA bersama Presiden melalui video conference di Jakarta, akhir pekan lalu.

Keberhasilan dunia pendidikan di tanah air salah satunya juga diukur dari pencapaian PISA (Programme for International Student Assessment). Hasil survei PISA menunjukkan, sistem pendidikan di Indonesia telah berubah menjadi lebih inklusif, terbuka, dan meluas aksesnya selama 18 tahun terakhir.

Kendati demikian tak dimungkiri, pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai persoalan. Di antaranya terkait dengan materi-materi yang dinilai tidak kompatibel dengan materi PISA sehingga perlu penataan ulang evaluasi nasional khususnya untuk materi ujian membaca, matematika, dan sains yang kompatibel dengan PISA. (s-pmk)

Tinggalkan Balasan

1 komentar