Wacana Mapel Bahasa Inggris untuk SD Kembali Mengapung, Nadiem: Saya Akan Upayakan

WPdotCOM, Jakarta — Bincang-bincang Nadierm Makarim bersama para pemenang lomba Surat untuk Nadiem yang disiarkan TVRI pagi tadi menyisakan wacana baru.

Santi Kusuma Dewi, guru SMP Islam Baitul Izzah, Kabupaten Nganjuk Jawa Timur dalam bincang-bincang tersebut mengusulkan agar Kemdikbud kembali memasukkan Mata Pelajaran Bahasa Inggris di jenjang sekolah dasar.

Dalam kesempatan itu, Santi menyampaikan, pembelajaran Bahasa Inggris di jenjang SD tidak akan mengganggu nasionalisme peserta didik. “Ini tidak akan mengganggu nasionalisme. Tapi bagaimana membantu siswa kita. Agar anak tidak didiskriminasi di saat ternyata pengetahuan yang mereka butuhkan ada dalam bahasa Inggris,” ujarnya.

Bagaimana jawaban Nadiem? Pada kesempatan itu ia menjawab hal itu memang ada rencana, tapi waktu yang singkat agak sulit merealisasikannya. Selain tidak tercantum dalam Kurikulum 2013, juga untuk memprioritaskan pengenalan bahasa Indonesia dan bahasa daerah sebagai bahasa ibu.

Namun Nadiem juga menyebutkan bahwa akan berupaya merealisasikannya. “Saya akan sebaik mungkin menjadikan visi itu menjadi realita. Walaupun lima tahun ini merupakan waktu yang pendek,” kata Nadiem dalam siaran TVRI, pagi tadi. (ist/kemdikbud)

Tinggalkan Balasan