oleh

SMA Negeri 2 Padangpanjang Gelar Ujian Semester Daring Mulai Hari Ini

WPdotCOM, Padangpanjang — Proses belajar mengajar di tengah  pandemi Covid-19 menjadi tidak terlaksana secara maksimal. Beragam persoalan yang memengaruhinya.

Namun begitu, pemerintah telah meluncurkan berbagai cara untuk mengoptimalkan pembelajaran secara daring (online). Mulai dari kegiatan belajar mengajar (KBM) online, hingga Ujian Sekolah dilakukan secara daring. Hal itu dikarenakan mengikuti anjuran pemerintah untuk beraktivitas di rumah.

Hal itu juga dilakukan oleh SMA Negeri 2 Padangpanjang. Mulai hari ini, Jumat (5/6), seluruh siswa mengikuti ujian daring kenaikan kelas.

Sehari sebelumnya, pihak sekolah telah dilaksanakan simulasi ujian semester untuk memastikan kesiapan siswa. Daftar ujian, waktu pelaksanaan, dan sistem pelaksanaan sudah dirancang dengan matang.

Seluruh siswa masuk ke dalam WhatsApp Group (WAG) tempat dibagikannya link oleh wali kelas masing-masing. Seluruh siswa yang telah masuk WAG itu, diberi jangka waktu untuk mengerjakan soal dan mengirim jawabannya dalam batas waktu yang ditentukan.

Menurut pantauan media ini, pelaksanaan ujian hari pertama berjalan dengan lancar walaupun ada beberapa kendala seperti siswa yang mengirimkan jawaban lewat dari batas waktu yang ditentukan, dan kendala jaringan sehingga jawaban tidak terkirim.

Namun, untuk menyiasatinya masih ada ujian susulan bagi siswa yang belum mengikuti, atau yang bermasalah dalam pengiriman lembar jawaban.

Karena ujian dilaksanakan secara daring, bagi siswa yanag memiliki kendala paket internet atau tidak bisa membuka link ujian, diperbolehkan mengikuti ujian di laboratorium komputer SMAN 2 Padangpanjang. (key)