Dinas P2KBP3A Flotim Gelar Pokja Kampung KB Menuju Rumah Data di Lamahala

Berita Daerah38 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Flores Timur — Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Flores Timur, menggelar Kelompok Kerja (Pokja) Kampung KB Menuju Rumah Data.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula Kantor Kepala Desa Lamahala Jaya, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, NTT, pada Kamis (2/7). Gelaran ini dihadiri oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Bidang Pengendalian Penduduk, Fransiskus Pain Ratu, S.Km., Kepala Desa dan Ketua BPD Lamahala Jaya, Ketua beserta Pengurus Kampung KB Desa Lamahala Jaya, serta Ibu-ibu PKK Desa Lamahala Jaya. Adapun peserta yang hadir kisaran 45 orang.

Shopee Indonesia

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Flores Timur, Sri Ardi Rahayu, S.Sos, M.Si yang diwakili oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Bidang Pengendalian Penduduk, Fransiskus Pain Ratu, S.Km., mengatakan, kegiatan hari ini menyadarkan kita semua bahwa data itu penting dalam merancang kegiatan.

Kepala Seksi Data dan Informasi Bidang Pengendalian Penduduk, Fransiskus Pain Ratu, S.K.M menyampaikan materi dalam giat Pokja Kampung KB.
Shopee Indonesia

“Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang setara melalui Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan Keluarga Kecil,” harap Frans.

Frans mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk Memberikan pembekalan pentingnya rumah data kepada Pengurus Kampung KB dan Kader Kampung KB tentang Konsep Dasar Kampung KB, 8 Fungsi Keluarga, menggali potensi diri Kampung KB, menyusun Program Kerja Kampung KB dan Penguatan Kelembagaan.

“Data kependudukan merupakan hal yang sangat urgen untuk merancang program kerja yang baik ke depan. Sehingga program ke depan langsung menyentuh persoalan-persoalan yang dibutuhkan masyarakat,” papar Frans.

Dalam sambutan pembukaan, Kepala Desa Lamahala Jaya, Muhammad Abdu mengatakan, untuk saat ini Desa Lamahala Jaya sudah memiliki data kependudukan. Sehingga Pemerintah Desa Lamahala Jaya akan menyerahkan data ini kepada Pengurus Kampung KB untuk mengelolanya.

Peserta sedang mendengarkan materi sosialisasi Fransiskus Pain Ratu, dari Dinas P2KBP3A Flotim.

“Pemerintah Desa Lamahala Jaya juga bersedia menyediakan salah satu ruangan di Kantor Kepala Desa yang dapat dijadikan sebagai sekretariat rumah data Kampung KB,” jelas Abdu.

Ketua Kampung KB Desa Lamahala Jaya, Kasim Samad, SE., menyampaikan dalam waktu dekat akan mengadakan pertemuan bersama jajaran pengurus untuk mengevaluasi program kerja yang ada.

“Walaupun saat ini, kita sedang dilanda pandemi tapi semangat kerja kita harus tetap ada demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ungkap Kasim.

Pewarta: Albertus Muda

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com