LIPI Dorong Perbaikan Kualitas Layanan Pendidikan Anak-anak Papua

Berita Daerah19 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Jakarta – Pendidikan adalah modal utama mewujudkan pembangunan manusia seutuhnya di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Semua wilayah dan daerah, harus mendapat perhatian merata.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mendorong peningkatan kualitas layanan pendidikan bagi anak-anak Indonesia bagian Timur seperti Papua.

Shopee Indonesia

“Ketika kita bicara pendidikan kami merasa bahwa ketertinggalan pendidikan bagi anak-anak Papua itu sangat berkontribusi pada kegagalan pembangunan,” kata peneliti Pusat Penelitian Kependudukan LIPI Anggi Afriansyah dalam acara peluncuran virtual “Buku-Buku Tantangan dan Solusi Tanah Papua dari Sisi Kependudukan”, Jakarta, Kamis, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara.

Shopee Indonesia

Kata Anggi, dengan dapat mengakses pendidikan yang berkualitas, maka kualitas dan kapasitas sumber daya manusia Papua akan semakin meningkat sehingga pembangunan di wilayah itu semakin maju.
“Kami berusaha bagaimana kemudian pendidikan hadir sebagai jalan terang yang bisa membuat anak-anak papua ini memperoleh haknya karena memang pendidikan sebagai fundamental yang harus diterima,” ujar Anggi.

Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur pendidikan harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pendidikan dan rancangan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan mewakili aspirasi orang Asli Papua.

Pada kesempatan itu, Anggi memaparkan buku yang diluncurkan oleh LIPI, berjudul Pendidikan Sebagai Jalan Terang: Membangun Pendidikan yang Responsif terhadap Kondisi Geografis, Demografi, Sosial, dan Budaya Orang Asli Papua.

Dua buku lain adalah, Orang Asli Papua: Kondisi Sosial Demografi dan Perubahannya; dan Kesehatan Ibu dan Anak Orang Asli Papua: Antara Ketersediaan Layanan dan Tantangan Sosial Budaya. (ist/antara)

Blibli.com
Shopee Indonesia