Website Perpusnas Tidak Dapat Diakses, Pengurusan ISBN Tertunda

Berita Nasional53 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Jakarta – Pada pembukaan hari kerja tanggal 4 Januari 2021, website Perpustakaan Nasional RI mengalami kendala. Pengurusan ISBN oleh penerbit tidak dapat dilakukan.

“Sejak tadi pagi kita cek, weblink isbn.perpusnas.go.id tidak dapat diakses. Hal ini dialami oleh semua penerbit yang telah menunggu pembukaan hari kerja di awal tahun 2021 untuk pendaftaran ISBN,” demikian sebut Nova Indra, pimpinan P3SDM Melati Publishing yang bernaung di bawah lembaga P3SDM Melati, Senin (4/1).

Shopee Indonesia

Lebih jauh ia menjelaskan, informasi yang diperolehnya dari pihak Perpusnas melalui layanan telepon menyatakan, website perpusnas.go.id sedang dalam proses maintenance sistem.

Shopee Indonesia

“Karena akan mengajukan ISBN untuk buku-buku guru di awal tahun ini, tim kami lakukan komunikasi dengan Perpusnas. Jawaban dari tim Perpusnas bahwa saat ini website sedang dalam proses maintenance,” jelasnya.

Untuk kepastian waktu, yang jelas sangat ditunggu oleh para penerbit di tanah air, pihak Perpusnas menyatakan belum bisa memastikannya.

Sama halnya ketika dicoba komunikasi melalui akun Twitter Perpusnas @perpusnas1. Jawaban dari admin akun tersebut menyebutkan: “Mohon maaf atas kendala yg dialami karena sedang maintenance system. Mohon cek secara berkala.”

Capture komentar di akun Twitter Perpusnas, (akun Twitter @perpusnas1)

Sebagaimana diketahui, mulai tahun kerja 2021, Perpusnas RI menampilkan interface baru yang memudahkan para penerbit dalam pengurusan dan pengajuan ISBN untuk Karya Cetak dan Karya Rekam.

Sebelumnya, pihak Perpusnas telah menyosialisasikan penggunaan interface baru itu pada Webinar yang dilaksanakan tanggal 18 November 2020 lalu. (*/ist)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com