Pembelajaran Tahun Akademik Semester Genap 2020-2021 Menurut SKB 4 Menteri

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Terdapat hal yang tidak kalah penting dalam daftar periksa ini, yaitu pemetaan warga satuan pendidikan yang tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan di satuan pendidikan karena status kesehatan dan usianya.

Dalam hal ini, hanya 9,93% satuan pendidikan yang telah melakukan pemetaan tersebut. Check list terakhir adalah kesepakatan bersama antara satuan pendidikan dengan komite sekolah untuk menyelenggarakan PTM, di mana baru 23,98% satuan pendidikan yang telah membuat kesepakatan dimaksud.

Menyikapi hal ini, Deputi Agus Sartono menegaskan bahwa Kemendikbud dan pemerintah daerah harus lebih tegas dalam memberikan himbauan pada sekolah untuk mengisi daftar periksa seperti yang tersebut di atas.

Shopee Indonesia

“Sebagian besar satuan pendidikan baru menyiapkan sarana fisik saja untuk syarat penyelenggaraan PTM, sedangkan hal-hal terkait keamanan dan keselamatan warga sekolah yang rentan pada Covid-19 dan izin orang tua sebagai penentu justru belum dipenuhi,” ujar dia.

Pembelajaran tatap muka dapat mulai dilaksanakan pada Januari 2021 sebagaimana diatur dalam revisi kedua SKB 4 Menteri. Namun demikian, angka kasus Covid-19 yang terus meningkat di berbagai wilayah membuat pemerintah daerah harus sangat berhati-hati dalam memberikan izin kepada satuan pendidikan.

Tim Satgas Penanganan Covid-19 yang diwakili oleh Wiku Adisasmito, menghimbau agar pemerintah perlu mengadakan simulasi PTM sebelum PTM dilaksanakan secara masif. Senada dengan Wiku, Agus mengatakan, nantinya akan dilakukan proses simulasi PTM di tiap daerah untuk satuan pendidikan yang ditentukan berdasarkan kesiapannya, serta akan menentukan kebijakan yang akan dilaksanakan.

“Simulasi perlu dilakukan untuk membangun confidence kita. Kita harus trial dan improve setiap saat’, tuturnya.

Terus meningkatnya angka kasus Covid-19 masih terus meningkat di berbagai daerah membuat opsi PTM berpotensi tidak berjalan dengan optimal, dan memengaruhi pemberlakuan kebijakan pada satuan pendidikan di berbagai wilayah. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa banyak wilayah yang akan tetap melaksanakan pembelajaran dari rumah.

Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kemendikbud, Jumeri, menyatakan bahwa 16 provinsi memutuskan untuk menunda PTM, 14 provinsi siap melaksanakan PTM, dan 4 provinsi melaksanakan blended learning. Namun demikian, ia yakin bahwa provinsi yang siap PTM inipun akan menggunakan blended learning karena kondisi saat ini tidak memungkinkan untuk melaksanakan 100% PTM.

Blibli.com
Shopee Indonesia