Waka Kesiswaan SMAN 1 Margahayu, Neneng Jubaedah: “Hasil Tidak Pernah Menghianati Usaha”

Berita Daerah61 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Bandung – Bagi masyarakat Bandung dan Jawa Barat nama SMAN 1 Margahayu sudah tidak asing lagi, hal ini selain sekolahnya memiliki sarana dan prasarana penunjang kegiatan dan praktik siswa yang cukup lengkap ini, juga karena sekolah ini terkenal dengan beberapa prestasi yang membanggakan, baik dari pestasi di tingkat daerah hingga tingkat nasional seringkali mereka raih.

SMA Negeri 1 Margahayu, sekolah yang memiliki lokasi yang strategis ini, berada di jalan utama Kopo yaitu tepatnya di jalan Raya Kopo atau Jalan KH. Wahid Hasyim No.387, Sulaiman, Kec. Margahayu, Bandung.

Shopee Indonesia

Alhamdulilah kalau dalam hal prestasi di sekolah kami, dari tahun, bulan dan minggu anak anak selalu saja ada yang membawa piala ke sekolah, entah itu kejuaraan pada tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional. Hal itu terwujud berkat dukungan dari semua pihak,  baik dari kepala sekolah, guru pembimbing ataupun teman sebaya mereka sendiri juga dukungan dari orang tua siswa.  Tanpa adanya dorongan dan suport dari semuanya prestasi tersebut tidak mungkin bisa diperoleh,” papar Neneng Jubaedah,S.Pd., M.Pd Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Margahayu saat ditemui di sekolah kemarin, Senin, (8/2).

Siswa SMAN 1 Margahayu juara KSN Tingkat Nasional
Shopee Indonesia

“Sekalipun saat ini pembelajaran di SMA masih dalam keadaan tidak normal karena pandemi Covid-19, sehingga tidak boleh adanya sekolah tatap muka, namun anak-anak SMAN 1 Margahayu alhamdulilah masih banyak berprestasi, baik di bidang akademik maupun nonakademik, seni dan budaya,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama kurun waktu Juli 2020 sampai dengan Januari 2021  sudah lebih dari 20 prestasi yang diraih oleh siswa.  Jadi, masa pandemik dan tidak adanya tatap muka bukan menjadi penghalang bagi mereka untuk tetap berprestasi sesuai dengan slogan dari SMA Negeri 1 Margahayu yakni ”maju”.

Adapun prestasi yang telah anak anak sumbangkan terhitung dari bulan Juli hingga  Januari  2021 adalah, Peringkat 3 Tingkat Nasional Lomba matematika online Science atas nama Zahratul Mardiah. Peringkat ke-10 pada KSN Nasional atas nama Muhammad Nelwan. Peringkat 5 FLSN tingkat Jabar atas nama Nadine. Peringkat 1 pada kegiatan Tiktok Edukatif Jabar challenge tingkat Jabar.

Selain itu, siswa SMAN 1 Margahayu juga meraih Peringkat 2 pada Olimpiade Ekonomi Syariah tingkat nasionalatas nama Salma Azzahra, Dhiyah Nazwa.dan Vina Aulia. Dan Juara Harapan 2 atas nama Yasmine Khalida Putri, Salsabila Hasna Aifa, dan Gifari Malik. Raihan Bayu Putra dengan 7 pialanya yaitu Juara 1 pada Marine Shoting Club Competition, Juara 1 pada Hari Kemerdekaan Cup, Juara 1 Danwin Paskhas, Juara 1 Baladika Open Champion, Juara 1 HUT Kogartap 2 Bandung, Juara 1 Dankomar Cup 2020, dan Juara pada Baladika Open Championship 2020.

Siswa SMAN 1 Margahayu juara TikTok Edukatif Challenge Jabar.

Tak mau ketinggalan, Nayla Dewi Prameswari juga menyumbangkan 4 pialanya juga katagori tingkat nasional yaitu Juara 1 Kejurnas Piala Panglima, Juara 2 Sriwijaya Shoting Festival 2020. Juara 1 Piala Presiden RI 2020. Masih ada lagi, yaitu atas nama Wildan Imail Juara 2 Lomba membaca kita kuning. Salman Nur Juara 2 Lomba Bahasa Jepang tingkat Jabar, dan Muhammad Dhiya Raazan juara 3 juga pada lomba yang sama yaitu Lomba Bahasa Jepang Tingkat Jabar.

Saat ditanya Warta Pendidikan bagaimana anak-anak tetap bisa berprestasi di tengah pandemik seperti sekarang, Neneng mengatakan, yang terpenting selalu adanya motivasi dan dari kepala sekolah, pembimbing siswa serta  komunikasi  dengan siswa-siswinya.

“Siswa diberi kesempatan sebanyak-banyaknya untuk mengikuti perlombaan  atau kejuaraan yang dilakukan secara daring. Apapun jenis lombanya selama itu dapat mengembangkan kreativitas dan pengetahuan siswa sekolah dengan senang hati memfasilitasi dan memberikan dukungan sepenuhnya,” jelasnya.

Yang terpenting juga, sambungnya, kami memberikan support kepada mereka yang akan mengikuti lomba dengan tidak terlalu memberikan target utama harus juara. Pokoknya ikuti saja  dulu kegiatan atau lombanya. Adapun menjadi juara adalah bonus dari kerja keras yang dilakukan mereka.

Alhamdulilah, berkat usaha yang maksimal dari Kepala Sekolah, dan pembimbing/guru SMAN 1 Margahayu serta keseriusan siswa-siswi  dalam mengikuti lomba tersebut, ternyata hasil sangat memuaskan, hasil tidak pernah menghianati usaha”,  jelas Neneng mengakhiri. (YD)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com