Kementerian Agama Ajak Guru Dialog Moderasi Beragama dan Wawasan Multikultural

Berita Daerah31 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Serpong – Berbagai upaya memperkuat moderasi beragama terus dilakukan Kemenag.

Salah satunya yang dilaksanakan Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) dengan menggelar dialog bersama guru dan tenaga kependidikan.

Shopee Indonesia

Dialog membahas tema penguatan moderasi beragama dan wawasan multikultural. Program yang berlangsung di Serpong, 27 – 28 Mei 2021 ini diikuti 50 peserta, terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Lampung, ASN pada Kanwil Kementerian Agama, dan ASN pada Kementerian Agama Pusat.

Shopee Indonesia

Hadir sebagai narasumber Brigjen Pol  Drs. Herwan Chaidir (Direktur Perlindungan BNPT) dan Drs. Laode Ahmad P. Balombo (Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Kemendagri).

Kepala PKUB Setjen Kemenag Nifasri mengatakan, masa depan bangsa Indonesia berada di tangan para guru agama.

“Jangan mempertentangkan agama satu dengan agama lainnya. Multikultural dan keragaman di Indonesia ini adalah anugerah yang belum tentu dimiliki negara lain,” kata Nifasri, Kamis (27/5).

“Agama adalah identitas Indonesia, orang Indonesia pasti beragama. Di tangan guru agama ini, masa depan Indonesia akan terlihat,” sambungnya.

Menurut Nifasri, sangat relevan jika PKUB Kemenag mellibatkan para guru agama untuk mensosialisasikan multikulturalisme dan kerukunan bagi Indonesia.

“Ke depan, sinergitas program Kementerian Agama dengan para pendidik dan tenaga kependidikan lintas agama diharapkan berdampak pada meningkatnya pemahaman terhadap program moderasi beragama dan wawasan multikultural sehingga terwujud penguatan cara pandang, sikap, dan praktik beragama yang moderat di tengah-tengah kehidupan berbangsa,” tutupnya. (*/kemenag)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com