oleh

Sambut HGN 2021, SMA Negeri 3 Kota Batu Luncurkan Tiga Buku Karya Siswa dan Guru

WPdotCOM, Kota Batu – Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2021, SMA Negeri 3 Kota Batu membuktikannya melalui karya tulis. Tiga buku terbit menyambut perayaan HGN tahun ini.

“Alhamdulillah, kita memang sudah persiapkan untuk HGN 2021, kami dari SMA Negeri 3 Kota Batu Jawa Timur, ingin merayakannya dengan karya guru dan siswa. Dan tahun ini, tiga buku ber-ISBN telah terbit. Semoga dapat menjadi bagian dari khasanah literasi nasional,” demikian ungkap Ritul Idha Djarwati, Kepala SMA Negeri 3 Batu kepada Warta Pendidikan, Kamis (25/11) melalui pesan pendek.

Tiga buku yang dimaksud Ritul tersebut adalah, Antologi Puisi Guru dan Siswa SMAN 3 Batu dengan nomor ISBN 978-623-6852-18-7, Kumpulan Artikel Guru dan Siswa SMAN 3 Batu bernomor ISBN 978-623-6852-17-0, dan Antologi Puisi Rahasia Covid-19 dengan ISBN 978-623-6852-16-3.

Ketiga buku tersebut, kini menjadi bagian dari koleksi buku-buku siswa dan guru di sekolah yang sangat giat dalam pengembangan literasi menulis.

“Kita memang setiap tahun menerbitkan buku bersama. Termasuk beberapa buku saya secara pribadi. Dan di Desember nanti, saya juga akan menerbitkan satu lagi karya saya berupa kumpulan cerpen,” imbuh Ritul bangga.

Selain itu, smabung Ritul, sekolah yang dipimpinnya memang manargetkan karya tulis sebagai bagian penting dari Gerakan Literasi Sekolah.

“Selama pandemi Covid-19, kita tekankan kepada rekan-rekan guru dan siswa untuk terus berkarya, salah satunya di bidang kepenulisan. Dan kita bisa bangga dengan hasil kerjasama semua pihak di sekolah ini. Saya ucapkan terimakasih kepada para guru dan siswa yang telah bersedia melangkah bersama menyukseskan gerakan literasi di SMA Negeri 3 Batu,” ujarnya.

Menurut tokoh pendidik yang sudah sangat berpengalaman itu, keinginannya mengembangkan gerakan literasi di sekolah telah muncul sejak lama.

Baca Juga:  Cabdin Wilayah V Lakukan Pemberkasan Dupak Guru dan Tendik

“Kita sebagai pendidik memiliki beban tanggungjawab yang diberikan bangsa ini. Mencerdaskan generasi, bukan hanya melalui transformasi pengetahuan, tapi juga membangun keterampilan. Dan keterampilan menulis ini sangat penting bagi kita semua,” tegasnya. (d’)