Pendekar Utama Syafrul Malik, Sosok Sarat Prestasi dan ‘Gila’ Silat Sejak Belia

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Masih berlanjut mendulang prestasi di bidang kejuaran pencak silat, ia pun mengikuti Kejurda IPSI kelas Dewasa tahun 1994 di Jakarta Utara, Syafrul pulang dengan membawa peringkat 2. Masih banyak lagi prestasi yang ia kumpulkan sepanjang masa mudanya, seperti pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) di Sumatera Barat tahun 1997, juga pada Invitasi Kejuaraan Nasional Mahasiswa IKIP Jakarta. Ketika itu Syafrul juga tengah kuliah di STIA Adabiyah Padang.

“Masa muda saya habiskan untuk bertanding dan mengikuti kegiatan pencak silat. Kalau mau menuliskan semuanya, saya jadi pusing karena banyak momen-momen yang terlupakan,” ujar Syafrul ketika berbincang dengan owner media ini beberapa waktu lalu.

Sementara itu, di bidang keprofesian, Syafrul adalah seorang entrepreneur. Hingga kini, ia masih menjadi Pimpinan CV Elok Tranek Transportasi Angkutan Darat. Sedangkan di bidang pencak silat, ia pernah menjadi Pelatih di IPSI Jakarta Utara pada tahun 1994 silam.

Foto-foto kegiatan latihan dan aktivitas melatih yang dijalani oleh Pendekar Utama Syafrul Malik di Tapak Suci. (Foto: Dok Pribadi/Kolase by NI)
Shopee Indonesia

Pada tahun 1997 sampai 2017 lalu, Pendekar Syafrul menjadi Ketua Dewan Pendekar Pimpinan Wilayah (Pimwil) 14 TSPM Sumatra Barat. Di saat bersamaan, ia juga sebagai Ketua Dewan Pelatih/Komisi Teknik IPSI Kabupaten Padang Pariaman hingga tahun 2016. Saat ini, sejak tahun 2019, ia dipercaya sebagai Ketua Dewan Pelatih Pimda 50 TSPM Jakarta Utara, sekaligus sebagai Anggota Pelatih TSPM Pimwil 4 DKI Jakarta sampai saat ini.

Kompetensi selaku pesilat yang telah teruji, ia dapatkan di antaranya dari KONI Jakarta sebagai Pelatih Nasional IPSI pada tahun 1994. Ia juga tercatat memiliki sertifikat Pelatih Nasional TSPM tahun 1997 di Jakarta. Selain itu Pendekar Syafrul juga merupakan Juri Nasional TSPM tahun 2001 di Yogyakarta. Dan pada tahun 2008 silam di Jambi, ia menjadi Juri Seni pada Ferstival Nasional IPSI. Di Sumatra Barat, peraih Juara 2 Kejuaraan Nasiona Mahasiswa TSMP 1997 di Jakarta ini tercatat sebagai anggota Wasit Juri Daerah IPSI tahun 1999.

Blibli.com
Shopee Indonesia