Membangun Kesadaran Bersama Elemen Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19

ARTIKEL ILMIAH96 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WARTA PENDIDIKAN – Pandemi Covid-19 telah melandai dan memperlihatkan tanda-tanda akan berubah menjadi endemi di negeri ini. Hal itu merupakan kabar gembira bagi semua masyarakat dan seluruh profesi, termasuk bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Pandemi Covid-19 benar-benar telah memporakporandakan seluruh sendi-sendi kehidupan manusia sejak awal kemunculannya di akhir tahun 2019 silam. Selama dua tahun pelajaran, sekolah di Indonesia harus memulai sesuatu yang baru, yakni pembelajaran online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Shopee Indonesia

Berbagai persoalan muncul dari proses PJJ yang sama sekali belum pernah dilakukan secara nasional sejak dulu dalam dunia pendidikan. Beragam masalah terkait proses pembelajaran, waktu yang digunakan, hingga keterampilan guru dan siswa dalam memanfaatkan perangkat teknologi seperti smartphone, tablet, laptop/PC turut pula menambah persoalan. Di lain pihak, ketersediaan layanan internet serta jaringan GSM yang tidak merata, menambah rumitnya pelaksanaan PJJ kala itu.

Shopee Indonesia

Segala bentuk persoalan tersebut tentunya menjadi pembelajaran penting bagi seluruh pemangku kepentingan di dunia pendidikan. Bukan Cuma oleh guru, kepala sekolah, maupun siswa, namun juga oleh pemerintah sebagai penanggungjawab keberlangsungan pendidikan di tanah air.

Kini, pandemi Covid-19 telah melandai, walaupun masih terus terjadi perubahan bentuk virus yang juga kian berkembang, namun sebagai bagian dari elemen pendidikan kita pun bisa bernafas lega. Pembelajaran telah kembali seperti semua, walaupun harus tetap waspada bila suatu saat di kemudian hari ada ketentuan untuk kembali melakukan PJJ.

Mengingat virus yang menjadi pandemi tersebut dengan akibat pada dunia pendidikan yang sangat dirasakan oleh semua kalangan, tentunya tidak boleh dilupakan bagaimana rumitnya PJJ yang membutuhkan penyesuaian sekian lama. PJJ kini memang telah kita tinggalkan jauh di belakang hari, namun belajar dari masalah yang muncul dari PJJ itu adalah sebuah keharusan bagi semua pihak.

Sebagai guru, pengampu pembelajaran di kelas, baik kelas rendah maupun kelas tinggi, harus selalu bersiap dnegan semua kondisi. Untuk itu, guru harus melakukan berbagai persiapan secara pribadi dalam menghadapi berbagai kemungkinan setelah bercermin dari PJJ tersebut.

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com