Kemenag akan Gelar Konferensi Pusat Studi Gender dan Anak

Berita Nasional117 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Jakarta – Kementerian Agama akan menggelar Konferensi Pusat Studi Gender dan Anak.

Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani, menyatakan forum ini akan membahas upaya untuk menguatkan relasi gender dan anak yang berkeadilan.

Shopee Indonesia

“Konferensi ini akan membahas upaya PSGA dalam menguatkan relasi gender dan anak yang berkeadilan, sekaligus menjadi bagian dalam mengokohkan kontribusi PSGA terhadap ulama perempuan di Indonesia,” terang Ali Ramdhani di Jakarta, Jumat (21/10).

Shopee Indonesia

“Forum ini juga menjadi wahana curah gagasan, kolaborasi, dan menunjukkan karya-karya nyata yang telah dilakukan oleh PSGA, baik di dalam maupun di luar kampus,” sambungnya.

Menurut Dhani, Konferensi PSGA mengangkat tema ‘Meneguhkan PSGA dan Ulama Perempuan dalam Upaya Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Satuan Pendidikan Keagamaan’.

“Konferensi PSGA ini akan menjadi forum untuk melakukan refleksi bersama. Ruang refleksi untuk pengayaan data, berbagi pengalaman dan berjejaring membangun solidaritas sehingga memiliki daya untuk mendorong implementasi pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual yang sistematis dan efektif,” jelasnya.

Konferensi PSGA akan berlangsung di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang. Plt. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Syafi’i, menekankan bahwa Konferensi PSGA sangat penting untuk terus menyuarakan kesetaraan gender, pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Konferensi ini dapat menjadi media bagi para akademisi, para intelektual untuk terus menyuarakan persoalan dan ide-idenya dalam memperjuangkan kesetaraan gender, hak-hak perempuan dan perlindungan anak. Konferensi PSGA kali ini menjadi lebih penting lagi karena berkolaborasi dengan Kongres KUPI,” ucap Ahmad Syafi’i.

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com