oleh

Sekolah Penggerak, Membangun Paradigma Baru Dunia Pendidikan

WARTA PENDIDIKAN – Sesuai data Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, dalam hal ini adalah kepala sekolah dan guru.

Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri maupun swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak satu sampai dua tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Masih menurut pihak Kemdikbudristek, Sekolah Penggerak akan dirasakan manfaatnya oleh sekolah sasaran atau sekolah yang menjalankannya. Setidaknya, ada beberapa hal penting dari manfaat yang akan diperoleh sekolah saat menjadi sekolah penggerak, antara lain, pertama, meningkatkan hasil mutu pendidikan dalam kurun waktu 3 tahun ajaran. Selama tiga tahun berjalan, sekolah yang menjadi sekolah penggerak ditargetkan akan mendapatkan mutu pendidikan yang leih baik.

Baca Juga:  Kreativitas Guru Menyediakan Blog Pembelajaran Bagi Siswa Selama PJJ

Kedua, meningkatnya kompetensi Kepala Sekolah dan Guru. Melalui program Sekolah Penggerak dengan seluruh rangkaiannya, diyakini akan menjadi batu pijakan peningkatan kompetensi pendidik, dalam hal ini kepala semkolah dan guru yang ada dalam naungan sekolah tersebut.

Ketiga, percepatan pencapaian profil pelajar Pancasila. Melalui Sekolah Penggerak, pencapaian program penguatan profil pelajar Pancasila dipastikan akan berjalan dengan baik dan terukur. Hal itu disebabkan seluruh rangkaian kegiatan dan program, baik dari segi kurikulum maupun projerk kurikulum P5 tersebut, akan lebih mampu dilalui dan dijalankan dengan maksimal.