Sekolah Penggerak, Membangun Paradigma Baru Dunia Pendidikan

ARTIKEL ILMIAH20 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Keempat, percepatan digitalisasi sekolah. Persoalan digitalisasi sekolah masih menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian besar elemen pendidikan di tanah air. Hal itu disebabkan oleh belum optimalnya kompetensi teknologi informatika dan komputer di kalangan dunia pendidikan itu sendiri. Dengan begitu, masih dikhawatirkan akan menjadi batu sandungan bagi sekolah sebagai pusat pembelajaran dan berjalannya digitalisasi pendidikan.

Namun melalui program Sekolah Penggerak, digitalisasi pendidikan akan berjalan semestinya. Mengapa demikian? Tentunya melalui kegiatan-kegiatan dan pelaksanaan program, sekolah penggerak akan membiasakan diri dengan tahapan digitalisasi yang diinginkan bersama.

Kelima, kesempatan untuk menjadi katalis perubahan bagi satuan pendidikan lain. Dengan menjadi sekolah penggerak, setiap sekolah akan menjadi kunci berjalannya perubahan, menjadi ukuran kemajuan bagi sekolah lain, bahkan menjadi acuan serta pedoman bagaimana menjalankan pendidikan dengan baik.

Shopee Indonesia

Keenam, mendapatkan pendampingan intensif untuk transformasi satuan pendidikan. Sekolah Penggerakn akan bertransformasi menjadi sekolah yang maju dengan segala keunggulan yang ada. Untuk itu, pemerintah akan melakukan pendampingan proses transformasi tersebut melalui banyak hal, banyak pihak dan program. Ketujuh, memperoleh tambahan anggaran untuk pembelian buku bagi pembelajaran kompetensi holistik.

Untuk menjadi sekolah pengerak, selain melalui tahapan dan proses yag dipersyaratkan oleh pihak Kemdikbudristek, sekolah bersangkutan tentunya juga perlu mempersiapkan diri lebih dini. Apa saja persiapan tersebut yang harus dilakukan oleh kepala sekolah dan guru? Berikut penjelasannya.

1. Guru dan kepala sekolah bersangkutan harus memiliki kesiapan untuk menjalani perubahan. Perubahan yang dimaksud di sini adalah, program Sekolah Penggerak akan berjalan dengan sistem dan pola yang benar-benar baru. Hal itu tentunya akan berdampak pada paradigma dan pemikiran para pelakuknya di lapangan. Guru dan kepala sekolah harus siap mengalami sesuatu yang tidak biasa dibanding sebelumnya.

Blibli.com
Shopee Indonesia