Guru Madrasah Diminta Beradaptasi dengan Perkembangan Digital

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Jakarta – Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani meminta guru madrasah segera beradaptasi dengan perkembangan digital.

Menurutnya, penguasaan teknologi merupakan solusi dan keniscayaan dalam mengoptimalkan pembelajaran di madrasah. Pendidikan, katanya, pada dasarnya ingin mengubah komunitas menuju masyarakat yang lebih baik. Salah satu upaya Kemenag adalah mengadaptasi model-model pendidikan agar senantiasa relevan dengan dinamika zaman.

“Agar para guru memiliki ketangguhan dan kompetensi yang harus dipertajam, kualisifikasi yang harus dipenuhi tetapi dia juga harus memiliki ketangguhan dan menganggap dirinya sebagai teladan,” ungkap Dhani dalam Konferensi Internasional terkait Akselerasi Transformasi Digital Madrasah yang berlangsung di Jakarta, Kamis (24/10).

Shopee Indonesia

Selain kompetensi digital, guru juga harus menjadi teladan. Sebab guru memiliki tanggung jawab terhadap pembangunan attitude dan moral spiritual anak didiknya.

“Kata-kata guru adalah ilmu, prilaku guru adalah teladan,” tegas Guru Besar UIN Bandung itu.

Pendidikan di madrasah, lanjut Dhani, tidak hanya bagian dari transfer pengetahuan saja. Lebih dari itu, pendidikan juga harus dapat menginternalisaikan nilai-nilai moral dan keagamaan.

Blibli.com
Shopee Indonesia