Mengenal Barbara Walters, Perintis Jurnalisme Penyiaran

Literasi19 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Jakarta — Barbara Walters, jurnalis perempuan yang paling tersohor di televisi Amerika Serikat (AS) baru saja meninggal dunia pada Jumat (30/12) tahun lalu di usia 93 tahun.

Jadi salah satu perempuan dengan karier cemerlang di dunia jurnalisme dan broadcasting, Barbara Walters punya segudang prestasi yang menjadikan namanya dikenang sebagai perintis penyiaran perempuan.

Dikutip dari Reuters, berikut ini fakta-fakta penting seputar kehidupan dan karier mendiang Barbara Walters, perempuan pertama yang membawakan siaran berita malam di jaringan televisi AS.

Shopee Indonesia

Menurut laporan berbagai sumber, Barbara Walters lahir di Boston pada 25 September. Namun, ia tidak mau mengungkapkan tahun sebenarnya. Beberapa sumber melaporkan ia lahir pada 1929, 1930, atau bahkan 1931.

Tempat Barbara pernah bekerja, ABC News, mengatakan bahwa ia meninggal di usia ke-93 tahun. Ini berarti Barbara kelahiran 1929.

Ia juga memiliki mendiang ayah yang bernama Louis Edward Walters yang merupakan seorang produser teater yang memulai saluran Latin Quarter, klub malam Latin, di New York.

Barbara memulai karier profesionalnya di acara Today NBC sebagai penulis di 1976. Kemudian di tahun yang sama, Barbara menjadi perempuan pertama yang membawakan acara bersama siaran berita di televisi AS.

Selanjutnya, Barbara bekerja sama dengan saluran ABC Evening News dengan rekan kerjanya Harry Reasoner hingga tahun 1978.

Ia dibayar sebesar satu juta dollar per tahunnya atau sekitar 15 miliar untuk pekerjaannya sebagai pembawa acara berita di program khusus. Sepak terjang Barbara memang sudah tidak diragukan lagi, ia pernah mewawancarai beberapa pemimpin dunia. Termasuk Indira Gandhi dari India, Anwar Al Sadat yang berasal dari Mesir, Menachem Begin dari Israel, Shah dari Iran, Fidel Castro dari Kuba, Margaret Thatcher dari Inggris, Saddam Hussein dari Irak, Boris Yeltsin dari Rusia, hingga setiap presiden AS sejak Richard Nixon memimpin.

Tak hanya sebagai pembawa acara yang andal, Barbara juga menciptakan diskusi meja bundar untuk perempuan dengan nama program The View di ABC pada 1997.

Ia muncul di acara tersebut secara rutin. Barbara Walters sering kali harus menengahi kontroversi yang dipicu oleh co-host-nya yakni Star Jones dan Rosie O’Donnell.

Semasa hidupnya, perintis jurnalisme penyiaran di televisi Amerika Serikat (AS) Barbara Walters pernah menikah dengan pengusaha Robert Katz. Mantan suaminya itu juga merupakan produser teater Lee Guber dan eksekutif televisi Merv Adelson.

Di samping itu, ia juga pernah beberapa kali berkencan, di antaranya dengan Alan Greenspan, ahli ekonomi Amerika Serikat, dan John Warner yang kemudian menjadi senator asal Virginia.

Romansa dan kehidupan Barbara Walters diungkap dalam autobiografinya di tahun 2008 yang berjudul Audition: A Memoir. (KPI/dari berbagai sumber)

Blibli.com
Shopee Indonesia