oleh

Pelajar Humbahas Bangga pada Michael Anastasius Mindo Hutapea, yang Diterima di 11 Universitas LN

Humbahas – Pelajar Humbahas Rahel Novita ikut bangga pada Michael, Siswa SMA Unggul Del  yang diterima di 11 universitas Luar Michael Anastasius Mindo Hutapea Negeri.

“Mudah-mudahan kelak saya bisa sepertinya,” ujar Rahel yang berkeinginan bisa sekolah di luar negeri.

Siapa? Ia adalah peraih beasiswa Indonesia Maju yang saat ini diterima di 11  universitas luar negeri. Perjuangannya untuk menembus berbagai universitas luar negeri tersebut tentu tidaklah mudah.

Yuk kita simak cerita dari Michael

Sejak bulan Juni 2021, Michael bergabung dengan kandidat lainnya untuk mengikuti pembimbingan intensif di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bali. Selain memperdalam kemampuan Matematika dan IPA, Michael juga mempersiapkan diri untuk mengikuti berbagai tes, seperti SAT dan IELTS.

Selain itu, dirinya juga perlu menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk proses admisi, seperti dokumen nilai rapor dan portofolio yang mencakup rangkuman sertifikat lomba serta kegiatan ekstrakurikuler yang diikutinya. Hal yang tidak kalah pentingnya untuk disiapkan adalah penulisan esai atau personal statement.

Menurut Michael, Panitia Persiapan BIM Jalur Afirmasi memberikan kesempatan untuk mengikuti bimbingan intensif selama 6 bulan. Selain konsultasi penulisan esai secara rutin, dirinya juga mendapat kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan yang membantunya untuk mempertajam kualitas isi esai yang dipersiapkan, seperti mendapat kesempatan untuk mengikuti Short Course yang diadakan di Berkeley-Indonesia High School Engineering Academy di California, US.

Dalam proses pendaftaran ke universitas di luar negeri, terdapat banyak faktor yang dipertimbangan pihak dewan admisi. Faktor pertama adalah kemampuan bahasa inggris dan yang kedua adalah dari capaian prestasi akademik, yaitu dilihat dari nilai rapor dan sertifikat kegiatan lomba yang diikuti. Selain itu, dewan admisi akan melihat esai yang dicantumkan pada proses pendaftaran.

Michael mengungkapkan, untuk mempersiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan, dirinya harus bisa mempertahankan nilai rapor yang tinggi, mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler baik di sekolah maupun di luar sekolah, dan juga mempersiapkan diri dengan kemampuan bahasa inggris yang baik.

Selain dukungan dari pihak sekolah dan panitia BIM Afirmasi, dukungan dari orang tua sebagai support system paling utama juga sangat dirasakan Michael selama proses persiapan. Dorongan dan dukungan dari orang tua, memberikan semangat baginya untuk mengikuti setiap proses persiapan dengan tekun.

Hasil perjuangan Michael membuahkan hasil, dirinya diterima di 11 Universitas terbaik di Luar Negeri:

Universitas of New South Wales, Sidney (Computer Science)

Monash University (Computer Science)

University of Sydney (Bachelor of Advance Computing)

The University of Western Australia (Computer Science)

University of Toronto, St. George (Mathematical and Physical Science)

University of Toronto Scarborough (Statistics)

University of Manchester (Mathematics)

Wageningen University (Computer Science)

Case Western Reserve University (Computer Science)

Florida Tech University (Computer Science)

Missouri Univerity of Science and Technology (Computer Science)

Pesan Michael untuk adik-adiknya yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri, agar bisa konsisten dan menyeimbangkan capaian akademis dan nonakademis. Hal tersebut sangat penting dan akan menjadi pertimbangan Dewan Admisi.

Kemudian, katanya, adik-adik juga harus rajin menggali informasi tentang beasiswa, negara tujuan, universitas, beserta dengan peluang kerja di masa depan. Tidak lupa juga untuk mempersiapkan kemampuan berbahasa inggris dengan baik. Tidak ada kata terlambat untuk memulai dan siapapun bisa mencoba asalkan konsisten dan tekun dalam mengerjakannya.

SMA Unggul Del menyampaikan selamat kepada ananda Michael Anastasius Mindo Hutapea. Semoga pencapaian ini akan menjadi penyemangat bagi para siswa Angkatan IX yang akan mengikuti Tes Masuk Perguruan Tinggi jalur SNBT pada bulan Mei mendatang, dan juga para junior yang sedang berjuang untuk menyelesaikan pendidikan.

Semangat berprestasi kiranya terus membudaya dan semakin banyak cerita menginspirasi lahir dari generasi Del Folks selanjutnya.(*/theo)