Sasando Ikut Ramaikan Pertemuan Menlu ASEAN

Seni Budaya63 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

JAKARTA – Indonesia yang terdiri dari sekitar 17.000 ribu pulau, dengan jumlah penduduk mencapai 278.696.200 jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada Juni 2023, juga dianugerahi dengan alat musik unik, salah satunya yakni Sasando.

Alat musik tersebut turut dipamerkan dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM) ke-56 di Jakarta, pada 10-14 Juli 2023. AMM merupakan rangkaian KTT ke-43 ASEAN pada September 2023 di Jakarta.

Shopee Indonesia

Sasando berasal dari Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Alat musik itu merupakan hasil kebudayaan masyarakat lokal yang sudah dikenal sampai mancanegara.

Shopee Indonesia

Seperti dilansir  laman rotendaokab.go.id, cara memainkan alat musik ini dipetik. Sasando biasanya dimainkan memakai kedua tangan dari arah berlawanan. Tangan kanan dipakai untuk memainkan akord, semantara tangan kiri untuk memainkan bass/melodi.

Sasando membutuhkan teknik dan harmonisasi supaya menghasilkan suara yang merdu. Orang yang bermain sasando butuh latihan dan keterampilan dalam memetik alat musik ini.

Keterampilan tangan akan berpengaruh pada tempo dan suara yang dihasilkan sasando. Sasando memiliki suara bervariasi yang unik. Alat musik ini bisa digunakan untuk musik tradisional, pop, dan genre musik lainnya kecuali musik elektrik.

Bentuk sasando cukup unik, yaitu tabung panjang yang terbuat dari bambu khusus. Di bagian bawah dan atas terdapat cara memasang dawai. Bagian atas ini berfungsi untuk mengencangkan dawai.

Di bagian tengah bambu, terdapat penyangga (senda) untuk merentangkan dawai. Senda berfungsi mengatur tangga dan nada. Tangga dan nada ini akan menghasilkan petikan dawai berbeda. Bagian wadah terbuat dari anyaman daun lontar atau haik. Fungsi wadah yaitu menghasilkan resonansi (getaran yang menimbulkan suara).

Kata Sasando berasal dari bahasa Rote “Sasandu” yang artinya bergetar atau berbunyi. Alat musik ini digunakan untuk pengiring membaca syair, pernikahan, tarian tradisional, dan menghibur keluarga yang berduka. (infopublik)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com