Syukuran Hari Jadi ke-20 Kabupaten Humbang Hasundutan

HUMBAHAS – Syukuran Hari Jadi ke-20 Kabupaten Humbang Hasundutan di laksanakan di Lapangan Merdeka Doloksanggul, Jumat (28/7).

Syukuran itu dihadiri Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, SE, Wakil Bupati Humbahas Oloan Paniaran Nababan SH MH, Ketua DPRD Humbahas Ramses Lumbangaol, Kajari Humbahas Anthony SH, Kapolres Humbahas AKBP Hary Ardianto SIK, Dandim 0210/TU Letkol Saiful Rizal, Ketua PN Tarutung Hendra Hutabarat, SH, Sekda Drs Tonny Sihombing, Ketua TP PKK Ny Lidia Dosmar Banjarnahor, Wakil Ketua TP PKK Ny Erma Oloan Paniaran Nababan dan ribuan elemen masyarakat yang datang dari berbagi kecamatan.

Dalam kegiatan itu, dilaksanakan deville setiap kecamatan dengan membawa hasil bumi masing-masing. Penampilan Marching Band dari SMPN 2 Doloksanggul dan SMP Santa Lusia Doloksanggul membuat suasana semakin meriah.

Ada juga revitalisasi budaya daerah yang dipersembahkan siswa SD dan SMP yaitu umpasa dari SD 173357 Baktiraja, Standup komedi dari SD 176495 Parnapa, tembang tradisi dari SMPN 1 Doloksanggul dan marturasi dari SD 173315 Silaban Kecamatan Lintongnihuta. Bukan hanya itu saja, Sendratari dari Sanggar Seni Nabasa dan Sanggar Seni Maduma  juga ditampilkan membuat para undangan terpesona.

Bupati Humbahas dalam sambutannya mengatakan tidak terasa Kabupaten Humbang Hasundutan telah berusia 20 tahun, tepatnya tanggal 28 Juli 2023. Perjalanan dalam rentang 20 tahun ini penuh dengan dinamika. Sebuah daerah yang dulu tertinggal sebelum terbentuk Kabupaten Humbang Hasundutan, kini telah menjadi kabupaten yang maju meskipun usianya relatif muda, ibarat remaja yang sudah memasuki dewasa. Maka acara syukuran ini menjadi sangat bermakna bagi semua masyarakat Humbang Hasundutan.

Bupati Humbahas atas nama Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan menyampaikan selamat ulang tahun ke-20 Kabupaten Humbang Hasundutan kepada masyarakat Humbang Hasundutan dimana pun berada.

“Mari kita jadikan hari ulang tahun ini sebuah peringatan untuk melihat masa lalu sebuah mata rantai sejarah dan masa lalu yang sangat bernilai sebagai referensi untuk menapaki masa kini dan masa depan,” ujarnya.

Lanjutnya lagi, “Sebagai masyarakat Humbang Hasundutan kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan kabupaten yang kita cintai ini dengan karya dan prestasi serta dengan kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik dan sejahtera.”

“Saya mengajak generasi penerus, mari kita jadikan sejarah pembentukan Kabupaten Humbang Hasundutan sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmat untuk selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan dan karya nyata yang dapat dinikmati oleh masyarakat banyak,” ajak Bupati Humbahas.

“Pemkab Humbahas mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada pemrakarsa atas perjuangannya sehingga terbentuk Kabupaten Humbang Hasundutan yang kita nikmati bersama. Perjuangan bapak dan ibu terhadap terbentuknya Kabupaten Humbang Hasundutan tidak akan terlupakan sepanjang masa,” sambungnya.