Menatap Nasib SDN 17 Kobal, Butuh Perhatian Pihak Terkait

Berita Daerah35 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

PASAMAN BARAT –  Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Parit Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat, telah berusia 30 tahun lebih. Hingga kini kondisi sekolah dasar itu, belum ada perhatian dari pemerintah daerah dan pihak terkait lain.

Kepala SDN 17 Parit Koto Balingka, Asmuni, Sabtu (9/12) menyampaikan, guru PNS dan honorer, warga Rura Patontang yang menetap di jorong itu, membenarkan kondisi yang dialami lembaga pendidikan tersebut. Hingga saat ini, keadaan ruangan belajar peserta didiknya tidak layak dipakai dalam proses belajar atapnya juga bocor.

Shopee Indonesia

Begitu juga dengan papan tulis, toilet, dan ruangan belajarnya, kondisinya masih kurang. Bidang sarana dan prasarananya, sangat memprihatinkan.

Shopee Indonesia

Menyikapi kondisi yang ada, kata Asmuni, atas kesepakatan bersama antara pihaknya dengan orangtua siswa bersama masyarakat, secara swadaya mencari dana bantuan untuk sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Hal itu agar bisa memperbaiki kondisi sekolah, sehingga iklim belajar di kelas menyenangkan dan tidak membosankan atau monoton.

“Bagaimana mungkin, lembaga pendidikan akan maju dan berkembang, dan bisa sederajat dengan lembaga pendidikan lain, khususnya di wilayah Kecamatan Parit Koto Balingka, sementara perhatian dari pemerintah daerah bersama pihak terkait tidak ada,” kata kepala sekolah itu.

Pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama pihak terkait lain, dinilai kurang tanggap terhadap keadaan SDN 17 Parit Koto Balingka.

Salah seorang wali murid , mengakui, pihaknya bersama masyarakat Rura Patontang, membenarkan kondisi yang terjadi dan dialami SDN 17 Parit Koto Balingka. Sarana dan prasarananya yang memprihatinkan itu,  tanpa ada kepedulian dan upaya meningkatkan mutu dari pihak berwenang.

“Harapan kami, ke depan pemerintah daerah bersama pihak terkait yang lain, termasuk pihak pemerintah kecamatan, memberikan perhatian dan kepeduliannya untuk SDN 17 Parit Koto Balingka di Jorong Rura Patontang. Sehingga lembaga pendidikan ini terus bergerak untuk maju dan berkembang,” katanya.

Aktivis pendidikan Parit Koto Balingka, M. Hindari menyampaikan, agar sumber daya manusia di Kecamatan Parit Koto Balingka, termasuk di Jorong Rura Patontang meningkat dan lebih baik, tentu sarana prasarana dan fasilitas yang dibutuhkan setiap lembaga pendidikan, termasuk di Jorong Rura Patontang, harus memadai. (gmz)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com