oleh

Kecanduan Internet, Efek Buruk Kemajuan Teknologi

WPdotCOM — Internet merupakan penemuan penting. Beberapa berpendapat internet memiliki dampak positif, namun ┬ásebagian menyebutnya memiliki dampak negatif bagi siswa.

Pertama, internet dapat memicu bullying (intimidasi) dan cyber bullying (intimidasi dalam dunia maya). Pada era ini, siswa menggunakan internet tidak hanya untuk mencari informasi dan menambah ilmu. Siswa terkadang juga memberikan komentar negatif secara bebas kepada siswa lain atau orang lain, yang dapat menyakiti perasaan orang tersebut. Bahkan, siswa dapat dengan mudah menggunakan identitas palsu ketika memberikan komentar-komentar jelek yang cenderung kasar, dan tidak sesuai dengan umur dan norma yang berlaku di Indonesia.

Hal inilah yang kita sebut dengan intimidasi dalam dunia maya. Korban intimidasi yang menerima ejekan dan hinaan merasa malu, tidak percaya diri, dan merasa dirinya rendah. Jika hal itu terjadi secara terus-menerus, dapat mengakibatkan siswa tersebut depresi. Di Indonesia sendiri, telah banyak peristiwa siswa bunuh diri yang disebabkan oleh cyber bullying atau intimidasi dalam dunia maya. Jika penggunaan Internet semakin meningkat seiring berjalannya waktu, dikhawatirkan cyber bullying juga akan semakin merajalela.

Aspek kedua yang menjadi dampak negatif penggunaan Internet adalah membuang-buang waktu dan pemborosan uang. Siswa menghabiskan waktu mereka dengan duduk memandangi layar telepon seluler atau komputer selama berjam-jam, hanya untuk mengecek  media sosial dan chatting dengan teman mereka.

Semakin lama siswa menghabiskan waktu di depan layar, semakin sedikit waktu mereka untuk belajar, dan semakin banyak pula uang yang mereka keluarkan. Bahkan, tidak sedikit biaya yang dikeluarkan untuk membeli kuota internet. Ketika nilai ulangan siswa jelek, beberapa mengatakan bahwa mereka tidak memiliki waktu untuk belajar tetapi mengapa mereka memiliki waktu untuk memandangi layar telepon seluler? Jika mereka memiliki waktu untuk mengecek media sosial, mengapa mereka tidak memiliki waktu untuk belajar ataupun sekedar membaca buku?

Aspek yang terakhir dan tidak kalah penting yaitu, internet menyebabkan kecanduan. Sebelum internet menjadi tren, alkohol dan rokok adalah hal yang paling menyebabkan kecanduan. Tetapi sekarang internet juga terdaftar dalam hal yang paling menyebabkan kecanduan di Indonesia. Berdasarkan penelitian, kecanduan internet adalah hal yang berbahaya dan sulit untuk disembuhkan, dibandingkan kecanduan rokok dan alkohol.

Sekali siswa terjerumus kedalam dunia internet negatif, akan sangat sulit untuk lepas darinya. Contohnya, siswa lebih memilih diam di rumah bermain dengan gadget mereka dibandingan keluar, bermain, dan bercengkrama dengan teman sebaya. Mereka tidak bisa lepas dari gadget, bahkan untuk bergerak pun malas.

Seiring berjalannya waktu, jika hal ini terus terjadi kesehatan siswa akan terganggu karena tubuh mereka jarang digunakan untuk bergerak. Kesimpulannya, internet memiliki dampak bagi siswa, baik positif maupun negatif. Karena itulah, kita harus berhati-hati dan bijak dalam menggunakan internet.

Penulis: Dwi Pudji Astutik (Guru SD Negeri Bandungrejosari 2 Kota Malang)

Komentar

Tinggalkan Balasan