Pantau Perkembangan Calon Pesilat, Pimda 027 Malang Gelar Invitasi Kejurda TSPM se-Jawa Timur

WPdotCOM, Malang Kota — Guna memantau perkembangan calon pesilat di wilayah Jawa Timur, Pimpinan Daerah (Pimda) 027 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kota Malang menggelar Invitasi Kejuaraan Daerah Tapak Suci se-Jawa Timur.

Berlokasi di Politeknik Negeri Malang, kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari. Dibuka secara resmi kemarin, beberapa Pimda di wilayah Jawa Timur diundang untuk mengikutinya.

“Ada beberapa Pimda yang kita undang dalam Invitasi Kejuaraan Daerah Tapak Suci ini. Di antaranya Pimda TSPM Surabaya, Pimda TSPM Sidoarjo, Pimda TSPM Kediri, dan Pimda lainnya,” demikian disampaikan Prio Hutama, ketua Panitia Penyelenggara kegiatan kepada redaksi Warta Pendidikan melalui sambungan telepon, Jumat (17/1).

Disampaikan Prio, dalam Invitasi Kejuaraan Daerah Tapak Suci kali ini, kategori lomba dan pertandingan dimulai dari tingkat Taman Kanak-kanak (TK) hingga Kategori Remaja.

“Untuk Kategori TK, yang dipertandingkan adalah Seni Tapak Suci. Sementara untuk Kategori SD, selain Seni Tapak Suci, juga melombakan Seni Tunggal, Ganda dan Beregu (TGR) IPSI. Selain itu, untuk Kategori SD ini, juga sudah ada Kategori Tandingnya dari Kelas A sampai Kelas S,” jelas mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Malang yang saat ini menyandang gelar Kader Dasar di perguruan Pencak Silat berseragam merah-merah itu.

Untuk kelas Pra Remaja dan Remaja dan Dewasa, seperti disampaikan pesilat yang pernah menjuarai Kejurnas IPSI Malang Championship tahun lalu itu, juga dilombakan Seni Tapak Suci dan TGR IPSI. Sedangkan di Kategori Tanding pada kategori ini, mempertandingkan Kelas A sampai Kelas I.

“Kita sediakan Trophy dan Sertifikat untuk pemenang pada setiap kategori. Semoga dengan kegiatan invitasi ini, kita dapat memantau perkembangan para pesilat usia dini dan remaja, untuk selanjutnya akan kita beri pembinaan prestasi,” imbuhnya.

Secara terpisah, terkait dengan pembiayaan kegiatan. Bendahara 2 Pimda 027 TSPM Kota Malang menyampaikan, pembiayaan kegiatan berasal dari peserta sendiri.

“Saat ini kurang lebih ada 1000 peserta yang mengikuti menggelar Invitasi Kejuaraan Daerah Tapak Suci se-Jawa Timur ini. Sebagai peserta, mereka registrasi dengan pembayaran yang sudah ditentukan oleh panitia,” terang Fitria. (d’)

Tinggalkan Balasan