SDN Libunio Sambut Ujian Akhir Sekolah dengan Ragam Kegiatan Ekstrakurikuler

Berita Daerah4 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Kab. Ngada, NTT — Tidak terasa, akhir tahun ajaran segera tiba. Bagi kelas 6 SDN Libunio, ini adalah  masa terakhir mereka di sekolah.

Beberapa kegiatan yang dilakukan menjelang kelulusan. Mulai dari latihan ujian atau tryout tingkat Kabupaten Ngada, pendalaman materi sampai ujian praktik. “Salah satunya adalah hari ini (kemarin –red), para siswa kelas 6 melaksanakan ujian praktik yang disebut Jai Kreasi,” demikian sebut salah seorang guru yang turut mendampingi.

Dengan busana dan ornamen khas Kabupaten Ngada, mereka memberikan penampilan yang terbaik dari hasil latihan. Menurut pengakuan guru kelas 6 dan guru pelatih, waktu persiapan mereka untuk ujian praktik ini hanya satu hari sebelum pelaksanaan

Shopee Indonesia

Ini memang sangat dipahami, karena waktu pelaksanaan UAS bergeser maju lebih cepat dari jadwal yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Yaitu, dari bulan Mei 2020, bergeser maju menjadi tanggal 21 April 2020. Waktu tersebut, sehari setelah SMP/MTs melaksanakan UAS tanggal 20 April 2020.

“Namun begitu, mereka menjalani semua proses dengan senang hati. Rangkaian persiapan ujian dari awal kelas 6 ini tidak hanya memantapkan penguasaan materi dari kelas 4, melainkan juga mematangkan dan mendewasakan mereka. Saat berlatih mengerjakan soal dan membahasnya,” kata guru itu lagi.

Mereka dilatih untuk gigih, menganalisis soal-soal yang dikerjakan. Bersabar menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, berdiskusi dan bersepakat dengan kelompok. Serta tentu saja harus menyamankan diri dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi sepanjang perjalanan itu.

“Harapan kita semua, setelah menuntaskan kelas 6 semua siswa SDN Libunio siap menempuh jenjang pendidikan yang baru. Serta lebih dewasa menghadapi tantangan-tantangan yang menanti mereka di SMP,” tutup guru pendamping itu.

Reporter: Viktor Rema Gare

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com

Tinggalkan Balasan