Hadapi Tahun Ajaran Baru 2020-2021, Pemprov Kalteng Siapkan Dua Moda PPDB

WPdotCOM, Palangkaraya – Semakin dekatnya jadwal dimulainya proses penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2020-2021, sejumlah daerah mulai bersiap. Kalimantan Tengah contohnya, kini siapkan moda daring dan luring sebagai media pendaftaran.

Berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Tengah bernomor 188.44/ 39 /2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Penerimaan  Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, dan SLB Tahun Pelajaran 2020-2021, disebutkan bahwa moda online melalui kerjasama dengan penyedia akses layangan jaringan, dan moda daring mandiri serta moda luring, menjadi pilihan yang digunakan sebagai media pendaftaran siswa baru.

Dalam surat keputusan itu, juga dijelaskan terkait mekanisme PPDB Online di Kalteng tersebut, ditetapkan berkenaan dengan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) yang semakin meningkat, maka kesehatan lahir dan batin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan PPDB di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Karena pertimbangan tersebut, maka semua satuan pendidikan (yang memungkinkan) melakukan PPDB secara online, ditujukan untuk mencegah berkumpulnya kerumunan massa berskala besar.

Disebutkan juga, bagi sekolah yang melaksanakan PPDB online melalui penyedia akses layanan jaringan, kerjasamanya dilakukan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, tidak langsung oleh sekolah bersangkutan.

Sedangkan sekolah yang melaksanakan PPDB online mandiri menyediakan fasilitas pendaftaran melalui website sekolah atau sistem lain yang memungkinkan, dan jika memerlukan koordinasi teknis dapat berkoordinasi dengan teknis UPT BTIKP Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. (*/tim)

Tinggalkan Balasan