Mendikbud Nadiem Makarim: ‘Insan Pendidikan Harus Dilihat Sebagai Subjek, Bukan Objek’

WPdotCOM, Jakarta — Mendikbud Nadiem Makarim sebut bahwa pendidikan manusia seutuhnya harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Selain itu juga harus memperhatikan pelaku pendidikannya, yaitu manusia.

Karena itu kata Nadiem, pada saat melantik pejabat Kemdikbud yang baru belum lama ini, ia berpesan kepada para pejabat agar menggulirkan kebijakan yang memberikan kebebasan pada insan pendidikan dan kebudayaan. Menurutnya, insan pendidikan harus dilihat sebagai subjek bukan lagi sebagai objek.

“Insan pendidikan harus dilihat sebagai subjek bukan objek. Untuk itu kebijakan yang digulirkan harus memberikan kebebasan pada insan pendidikan dan kebudayaan,” ujarnya.

Masih kata Nadiem, dengan memberikan kebebasan kepada insan pendidikan, dapat membuat mereka berkreasi, berinovasi dan berpartisipasi aktif untuk memajukan sektor pendidikan dan kebudayaan.

Terkait dengan progam Merdeka Belajar yang diluncurkan sejak beberapa bulan lalu, semuanya berhubungan erat dengan kebebasan insan pendidikan dalam berkreasi, berinovasi dan berpartisipasi di sektor pendidikan. Hal ini juga merupakan jawaban guna menghadapi tantangan zaman ke depan.

“Maka dari itu kebijakan-kebijakan ini harus dilakukan, agar hal tersebut menjadi motivasi kuat Merdeka Belajar. Serta bekerja secara efektif untuk Indonesia dan memberikan peluang untuk sistem pendidikan agar dapat menghadapi tantangan zaman,” paparnya. (ist)

Tinggalkan Balasan