Pramuka Adonara Timur Bagikan Sembako Kepada Warga Terdampak Covid-19

WPdotCOM, Flores Timur — Gerakan Pramuka Dewan Kerja Ranting (DKR) Wilayah Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) juga tidak ketinggalan dan tak ingin memendam rasa untuk berbagi di tengah pandemi Covid-19.

Aksi Pramuka DKR itu tertangkap bidikan kamera hari ini, Minggu (10/5) di mana mereka mengadakan pembagian paket sembako dan uang tunai kepada beberapa warga yang terdampak Covid-19 di desa Lamahala Jaya, Kelurahan Waiwerang, Desa Waibaruk, dan desa Adonara, Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT.

Menurut Pembina Pramuka DKR Adonara Timur Muhammad Soleh Kadir, bantuan yang diberikan kepada penerima itu bersumber dari para donatur yang dihimpun oleh pramuka DKR Adonara Timur sejak satu minggu yang lalu.

Pria yang akrab disapa Pion Ratuloli itu mengatakan, pembagian paket sembako dan uang tunai ini sebagai komitmen anggota Pramuka dalam megamalkan Dasa Dharma Pramuka.

“Kegiatan ini merupakan aplikasi dari Dharma kedua, ‘Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia’,” terang Pion Ratuloli.

Kegiatan hari ini, lanjut Pion, merupakan kegiatan tahap pertama dan akan dilanjutkan pada tahap kedua. “Minggu depan, kami juga akan membagikan paket sembako dalam bentuk sambut Lebaran yang akan didonasi oleh Agustinus Payong Boli, Wakil Bupati Flores Timur, Provinsi NTT,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pramuka DKR peduli Husain Hebban mengatakan, dalam penentuan peserta yang mendapatkan bantuan ini, Pramuka DKR Adonara Timur telah melakukan sandingan data dengan data PKH, Bansos Kabupaten, BLT Desa serta Kado Ramadhan Watan Lamahala.

“Harapan kami, dengan sandingan data ini, tidak terjadinya pendobelan penerima sehingga semua warga terdampak Covid-19 bisa menikmati bantuan ini, meskipun tidak seberapa,” ungkap siswa MAN 1 Flotim ini.

Dalam pembagian hari ini, menurutnya, sebagian anggota panitia menggunakan kendaraan roda dua sedangkan sebagian lainnya menggunakan pick up untuk mengitari separuh pulau Adonara, Kabupaten Flores Timur-Provinsi NTT ini. Perjalanan yang dimulai pada pukul 09.00 WITA berakhir pada pukul 16.40 wita.

Pewarta: Albertus Muda

Tinggalkan Balasan