Sepanjang Darurat Covid-19, Mendikbud: ‘Kesehatan Pelaku Pendidikan Jadi Prioritas Utama Pemerintah’

WPdotCOM, Jakarta — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan, pendekatan belajar dari rumah sebagai langkah strategis pertama pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) secara luas.

Namun begitu, kesehatan dan keselamatan insan pendidikan menjadi prioritas utama. Bukan hanya peserta didik, kesehatan guru juga menjadi perhatian penting.

Saat ini, populasi 45,3 juta siswa dan 2,7 juta guru, dimiliki negara yang sangat luas ini Sebagai sebuah sistem pendidikan terbesar keempat di dunia, hal ini menjadikan upaya penanganan dampak Covid-19 di dunia pendidikan menjadi tidak mudah dan tidak mungkin diseragamkan. Untuk itu Kemdikbud terus bekerja sama dengan Pemerintah Daerah serta berbagai pihak untuk memastikan masa transisi pembelajaran di sekolah menjadi belajar dari rumah dapat berjalan sebaik mungkin.

“Semenjak awal pandemi, kami langsung menerapkan program Belajar dari Rumah sebagai kebijakan nasional. Kerangka peraturan juga dibuat jauh sebelum perusahaan-perusahaan menerapkan bekerja dari rumah dan melakukan usaha pencegahan lainnya. Kami mengambil pendekatan berbasis keutamaan dalam membuat keputusan, dan keputusan pertama yang diambil adalah mengutamakan Kesehatan. Keselamatan guru, siswa, dan orang tuanya merupakan prioritas utama kami,” disampaikan Nadiem pada Konferensi Pers Internasional “Adaptasi Pendidikan Selama Covid-19”, di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (14/5) lalu.

Nadiem mengakui,…

Tinggalkan Balasan