Sepanjang Darurat Covid-19, Mendikbud: ‘Kesehatan Pelaku Pendidikan Jadi Prioritas Utama Pemerintah’

Berita Nasional21 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Nadiem mengakui, pembelajaran di masa pandemi memang tidak mudah. Namun, pihaknya terus berupaya memastikan pembelajaran tetap terjadi. “Harus diakui situasi ini tidak optimal dan pencapaian pendidikan tidak akan sama pada saat krisis Covid-19 ini terjadi di Indonesia dan di negara lain di dunia. Oleh karena itu, kenyataan tersebut harus diterima dan berusaha mengurangi dampaknya sebanyak mungkin. Kemendikbud terus melakukan segala daya, siang dan malam untuk mencoba memperbaiki situasi ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, masa krisis ini menjadi momentum melakukan observasi guna mendapatkan umpan balik di lapangan. Kemendikbud terus berupaya menyediakan beragam solusi untuk memastikan setiap satuan pendidikan melakukan apa yang terbaik bagi mereka. Sekaligus mendorong terjadinya eksperimen guna menemukan pendekatan-pendekatan baru dalam pendidikan di masa depan. “Kemdikbud harus mengambil bagian untuk membantu menghadirkan pemahaman mengenai apa kunci utama keluar dari krisis ini dan bagaimana berpartisipasi dalam hal itu,” ujar Nadiem.

Selanjutnya, prioritas Kemdikbud adalah meningkatkan fleksibilitas penggunaan anggaran sekolah untuk menangani krisis. “Hal pertama yang dilakukan adalah dengan memberikan anggaran (Bantuan Operasional Sekolah) yang dikirimkan dari pemerintah pusat kepada sekolah-sekolah agar dapat digunakan untuk membeli alat kesehatan dan kebersihan diri, juga pulsa/data seluler untuk mendukung aktivitas pembelajaran termasuk pembelajaran daring,” jelas Nadiem.

Shopee Indonesia

Belajar dari Covid-19,…

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com

Tinggalkan Balasan