Tunjangan Guru Naikkan Nilai Belanja Pegawai Secara Nasional

WPdotCOM, Jakarta — Hingga April 2020, total alokasi belanja pegawai Republik Indonesia tercatat naik hingga mencapai Rp68,2 triliun.

Hal itu dikatakan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara dalam telekonferensi, Rabu kemarin di Jakarta. Katanya, Kemenkeu mecatat,  kenaikan anggaran untuk belanja pegawai itu terhitung mencapai 3,2 persen, dibandingkan periode yang sama dengan tahun lalu.

“Belanja pegawai Rp68,2 triliun, sekitar 26,2 persen dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) atau hanya tumbuh 3,2 persen dibandingkan dengan tahun lalu,” katanya.

Ia mengakui, kenakan anggaran belanja pegawai pada tahun 2020 ini disebabkan oleh adanya pembayaran tunjangan profesi guru dan gaji tenaga pendidik non-PNS.

Hingga saat ini, kata Suahasil lagi, alokasi anggaran untuk kebutuhan belanja pegawai di berbagai kementerian pun sudah disalurkan dengan baik, sesuai dengan kebutuhan posnya masing-masing.

Menurutnya alokasi anggaran belanja pegawai tersebut cair saat sudah turun dari Kementerian Keuangan.

“Kalau dilihat di kementerian yang ada, kita sudah ada pemantauan yang direalisasikan, dan relatif baik. Ke depan semoga bisa terus dijaga,” kata Suahasil lagi. (*/kemenkeu)

Tinggalkan Balasan