MAN 1 Karanganyar, Prestasi Internasional dan Pembelajaran Berbasis Web

Berita Daerah82 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Karanganyar – Pandemi Covid-19 memaksa dilakukannya adaptasi terhadap kenormalan baru, termasuk pada sector pendidikan. Proses pembelajaran tatap muka diminimalisir, digantikan dengan skema pendidikan dalam jaringan atau daring.

Hal tersebut sebenarnya bukan sesuatu yang baru bagi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Karanganyar. Sebab, madrasah yang terletak di Kab Karanganyar ini sejak 2019 sudah mengembangkan pembelajaran berbasis web.

Shopee Indonesia

Kepala MAN 1 Karanganyar Lanjar Utami mengatakan, pengembangan “center of web based learning” bermula dari bantuan pembangunan sarana pembelajaran dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Tahun 2019, MAN 1 Karanganyar mendapat bantuan untuk membangun gedung laboratorium multimedia.

Shopee Indonesia

“Keberadaan gedung Laboratorium Multimedia dengan dana SBSN tahun 2019 memberikan manfaat luar biasa bagi berbagai pihak, dan menjadi magnet keberhasilan MAN 1 Karanganyar,” jelas Lanjar di Karanganyar, Selasa (29/12).

Menurutnya, gedung laboratorium multimedia ini menjadi “center of web-based learning” bagi semua civitas MAN 1 Karanganyar untuk berbagai kegiatan, baik yang bersifat akademik, non akademik maupun sosial. Semuanya ditayangkan melalui Channel YouTube Madrasah TV MAN 1 Karanganyar.

“Para siswa khususnya, sangat merasakan manfaat dan menikmati beraktifitas di laboratorium Multimedia,” jelasnya.

Aktifitas siswa di gedung laboratorium multimedia tersebut, kata Lanjar, memacu siswa untuk lebih berprestasi, baik akademik maupun non akademik. Prestasi itu diraih mulai tingkat Kabupaten, Provinsi, Regional, Nasional, bahkan International.

Tahun 2019 misalnya, siswa Program Keterampilan Multimedia bernama Spartan berhasil mendapatkan bea siswa 1 tahun program pertukaran pelajar ke Amerika. Spartan terbang ke Negeri Paman Sam pada Agustus 2019.

Prestasi lainnya adalah juara I Lomba Kaligrafi Nasional (PT- UMS), 9 Besar MYRES Nasional 2019 di Manado, dan Juara II Taekwondo Nasional Jawa Bali.

Di bidang robotik, siswa MAN 1 Karanganyar tahun 2019 mengukir prestasi sebagai juara III Robotik Tingkat Nasional di Surabaya,peringkat 6 Besar Lomba Robotik di Metro TV, dan juara Harapan 1 Nasional Video Kreatif di TA TV.

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com