oleh

Pembelajaran Matematika Menggunakan Google Meet dengan Media Pen Tablet

WPdotCOM – Pendidikan merupakan hak asasi setiap warga negara Indonesia. Untuk itu, setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status sosial, status ekonomi, suku, etnis, agama, dan gender.

Penggunaan media/alat pembelajaran dengan akses informasi yang sangat mudah dalam mendapatkannya, dengan tujuan untuk peningkatan mutu pendidikan akan membuat siswa sebagai warga negara memiliki kecakapan hidup (life skills). Sehingga mendorong tegaknya pembangunan manusia Indonesia seutuhnya serta masyarakat madani yang modern dengan dijiwai nilai-nilai Pancasila, sebagaimana diamanatkan dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sebagai guru, pengajar wajib tahu tentang karakteristik pembelajaran Matematika di SMA, tidak bisa lepas dari dua hal penting. Pertama, adalah sifat-sifat Matematika yang abstrak dan kedua adalah sifat perkembangan intelektual peserta didik yang kita sampaikan dalam pembelajaran. Oleh karena itu para guru perlu mempertahankan beberapa sifat atau karakteristik pembelajaran Matematika di sekolah khususnyan tingkat SMA/SMK.

Dalam aplikasi dari kegiatan pembelajaran Matematika pada masa pandemi Covid-19, cukup menyulitkan bagi peserta didik, apalagi saat harus belajar dari rumah/PJJ. Meskipun dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan), langsung antara guru dan peserta didik, tetapi ketergantungan dengan gadget dan jaringan internet yang memadai baik dari operator seluler maupun dari operator telekomunikasi lainnya yang ada di Indonesia,  bukanlah masalah yang sederhana. Dengan demikian guru wajib tahu untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan media yang mudah dipahami oleh siswa. Diantaranya menggunakan media Google Meet yang dikombinasikan dengan alat Pen Tablet yang saat ini sudah diperjualbelikan, dengan mudah untuk mendapatkannya.

Oleh karenanya guru Matematika dituntut untuk berinovasi, merancang, dan meramu materi, metode pembelajaran, dan aplikasi apa yang sesuai dengan materi dan metode. Walaupun banyak kendala, materi pelajaran tetap dapat tersampaikan secara penuh oleh peserta didik.

Baca Juga:  Mendidik, Perlu Kesabaran dan Semangat Tinggi

Dalam paket pen tablet ini, ada CD driver yang harus diinstall. Instal dulu kemudian bisa dipakai. Lalu ada lalu ada alat tulis seperti pulpen yang juga berfungsi sebagai mouse dalam PC atau Laptop. Alat tulis pulpen ini sensitif sekali, bisa untuk mengklik tools yang ada. Tapi fungsi ini hanya berlaku di area kerja gambar desain draw untuk view (Photoshop, Paint, atau editor gambar lainya).

Dengan menggunakan alat pen tablet, guru bisa menggambar sambil melihat monitor laptop, tangan tetap berjalan di atas pen tablet dan jangan sampai melewati batas layar tablet, karena pasti pulpen tidak berfungsi jika sampai menapak bukan pada tempatnya.

Harus telaten supaya gambarnya bagus. Untuk menerangan materi soal dari guru cukup menuliskan langkah/cara penyelesaian soal tersebut, kemudian dibagikan/share screen dengan Google Meet melalui akun guru yang dikoneksikan dengan Google Classroom pada akun siswa. Jadi guru mudah menyampaikan materi Matematika seperti tatap muka langsung dengan suara guru dan siswa dapat terdengar secara langsung, baik suara siswa ataupun suara guru yang sedang mengajar pada kelas daring.

Melalui kreatifitas guru dalam melakukan pembelajaran dengan siswa, maka guru juga dituntut selalu aktif mengikuti perkembangan media pembelajaran yang semakin hari semakin maju. Guru jangan sampai ketinggalan media-media pembelajaran yang akan diberikan pada siswa.

Maka dari itu, sebagai guru melaksanakan pembelajaran yang tidak membosankan, khususnya pembelajaran Matematika yang dianggap momok bagi siswa, alat media Pen Tablet ini bisa membuat siswa senang dan sangat mengasikkan. Hal ini bias diterapkan dalam pembelajaran pada situasi saat ini, karena pendemi yang belum berakhir

Pelaksanaan pembelajaran di sekolah dengan media Google Meet membuat guru harus selalu berkarya guna peningkatan kualitas pribadi dalam memberikan materi atau mata pelajaran Matematika. Termasuk pengunan media ajar  yang bermanfaat, meningkatkan peran guru di sekolah yang yang berkualitas dan berkarakter.

Baca Juga:  Pendidik Handal, Ciptakan Masa Depan Generasi Bangsa yang Maju

Dengan demikian guru dan warga sekolah turut mendukung kegiatan kegiatan-kegiatan mengembangkan berbagai media pembelajaran.  Selanjutnya, sekolah dapat melakukan tindak lanjut ke depan dalam tahun-tahun pembelajaran berikutnya. (*)

Penulis: Sudarto, S.Pd. (Guru Matematika SMA Negeri 1 Karanganom,  Klaten, Jawa Tengah)

Jangan Lewatkan