Implementasi Kurikulum Merdeka, Menuju Pemulihan Pembelajaran Nasional

ARTIKEL ILMIAH19 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WARTA PENDIDIKAN – Kebijakan tentang pendidikan di Indonesia terus bergulir dari waktu ke waktu. Menjelang tahun pelajaran 2022/2023, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) membuat gebrakan baru dengan melahirkan kurikulum yang digagas sedemikian rupa dalam rnagka pemuliuhan pembelajaran.

Kurikulum tersebut diberi nama Kurikulum Merdeka. Lalu apa itu Kurikulum Merdeka? Apa bedanya dengan kurikulum-kurikulum yang sebelumnya pernah digunakan di Indonesia? Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang memberi kesempatan pada setiap siswa untuk bisa berkembang sesuai minat dan bakatnya masing-masing. Ada tiga hal utama yang menjadi fokus Kurikulum Merdeka ini yaitu pemberian materi yang esensial, penguatan karakter, dan pengembangan potensi yang ada pada diri siswa.

Meski secara resmi baru diterapkan di tahun ajaran 2022 ini, kurikulum ini sebelumnya sudah diujicoba pada 2.500 sekolah penggerak yang ada di Indonesia. Sebagai kurikulum baru, tentu setiap orang akan bertanya tentang apa keunggulan Kurikulum Merdeka ini? Pertanyaan lain mungkin akan ada seputar mengapa kurikulum ini dipilih untuk menjadi acuan pembelajaran pada tahun ajaran 2022?

Shopee Indonesia

Sebagai jawaban, pihak Kemdikbudristek menyebutkan, Kurikulum Merdeka dianggap mampu menjawab tantangan pendidikan yang ada di Indonesia. Kurikulum Merdeka menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Indonesia.

Selain itu, Kurikulum Merdeka ini punya banyak keunggulan yang bisa dirasakan oleh siswa, guru, maupun sekolah. Keunggulan Kurikulum Merdeka untuk siswa, 1) siswa bisa belajar sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing. 2) siswa bebas mengakses beragam sumber belajar. Tidak ada batasan dalam akses sumber belajar, membuat siswa semakin mudah mendapatkan sumber belajar. Pengetahuan siswa akan semakin luas, dengan demikian akan semakin meningkat pula kompetensinya. 3) bisa mengembangkan minat dan bakatnya masing-masing. Kurikulum Merdeka menjadikan minat dan bakat sebagai fokus utama, selain kemampuan akademik. 4) pembelajaran akan berjalan dengan menyenangkan. Hal itu disebabkan karena siswa memiliki kebebasan dan kemerdekaan dalam belajar. 5) kompetensi siswa pun meningkat. Alasannya, siswa bisa lebih fokus dalam belajar. Minat dan bakat siswa juga bisa berkembang dengan baik.

Sementara bagi guru, Kurikulum Merdeka ini juga punya beberapa keunggulan. Pertama, penyederhanaan tugas-tugas adiministrasi. Kedua, adanya kebebasan dalam memilih metode pembelajaran. Ketiga, pembelajaran lebih efektif dan efisien. Keempat, materi pembelajaran lebih relevan dan interaktif. Sedangkan bagi sekolah, keunggulan Kurikulum Merdeka adalah kemerdekaan menggunakan sumber daya yang ada untuk mendukung proses pembelajaran. Sekolah bisa bebas dalam menentukan kebijakan sekolah dan adanya kolaborasi dengan semua pihak dalam melakukan proses pembelajaran.

Blibli.com
Shopee Indonesia