Pentingnya Teknologi dalam Linguistik Terapan, Ini Kata Prof. Clara

Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

Jakarta – Peran teknologi dalam dunia pendidikan di Indonesia sangatlah besar. Salah satunya adalah dalam bidang ilmu Linguistik Terapan, salah satu cabang linguistik yang membahas terkait penerapan berbagai penemuan ilmiah di bidang linguistik.

Bidang ilmu Linguistik Terapan memiliki tujuan menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bahasa di dalam masyarakat.

Dosen Faculty of Humanities, Binus University Prof. Dr. Dra. Clara Herlina Karjo, M.Hum., yang baru saja dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Linguistik Terapan pada Jumat, 10 Maret 2023 mengemukakan pentingnya teknologi dalam Linguistik Terapan.

Shopee Indonesia

Dalam orasi ilmiah yang berjudul Affordances of Technology in the Study and Practice of Applied Linguistics, Clara menggagas bahwa Linguistik Terapan adalah bidang studi yang dapat menjembatani kesenjangan antara teori linguistik dan masalah terkait bahasa di dunia nyata.

Ia membagi penerapan Linguistik Terapan dalam 3 cakupan, yaitu penggunaan teknologi dalam pengajaran bahasa, penggunaan teknologi dalam pembelajaran bahasa, dan penggunaan teknologi penelitian terkait bahasa.

Penggunaan teknologi dalam bidang pengajaran bahasa telah menjadi semakin penting, terutama selama pandemi Covid-19 ketika e-learning menjadi solusi yang harus diadopsi oleh banyak institusi pendidikan.

“Meskipun beberapa praktisi Linguistik Terapan mungkin merasa tidak nyaman, penggunaannya teknologi tidak dapat dihindari dalam semua praktek dan studi Linguistik Terapan. Penggunaan teknologi membantu meningkatkan pengalaman belajar siswa dengan menawarkan interaksi yang lebih personal dan penggunaan multimedia”, tutur Prof. Clara.

Dalam hal pembelajaran bahasa, teknologi komputer telah terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari generasi mahasiswa, yang dikenal sebagai “digital natives“, yang sudah akrab dengan teknologi komputer sejak lahir.

Dampak dari teknologi komputer dapat dijelaskan menggunakan tiga metafora yang membentuk cara siswa memandang teknologi dalam pembelajaran mereka: Komputer sebagai tutor, cepat komputer sebagai alat, dan komputer sebagai media.

Blibli.com
Shopee Indonesia