Guru Perlu Pertajam Pemahaman Psikologi Perkembangan

ARTIKEL ILMIAH88 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WARTA PENDIDIKAN – Guru!  Sebutan akademik yang dapat membanggakan sebuah profesi. Apalagi bertambahnya kebesarhatian sebutan itu, bilamana sudah menyandang predikat puluhan tahun berdedikasi. Sang pengabdi di bidang pendidikan.

Guru umumnya merujuk pada pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Hal ini berdasarkan undang- undang guru dan dosen yang berlaku di Indonesia.

Shopee Indonesia

Dalam hal ini, guru secara harfiah adalah “berat” dalam bahasa Sanskerta. Bila dimaknai pengertian tersebut untuk perkembangan zaman sekarang, memang berat. Berat dari segi keilmuan, teknologi, dan perkembangan tingkah laku siswa.

Shopee Indonesia

Perkembangan teknologi, semestinya banyak membawa dampak positif di dunia pendidikan. Sekarang perkembangan teknologi bahkan sudah banyak memengaruhi tingkah laku negatif siswa, tak terkecuali siswa tingkat sekolah dasar.

Guru dalam menghadapi tingkah laku siswa zaman sekarang mengakui bahwa sulit memahami keinginan mereka. Tingkah laku yang mereka tiru mereka dapatkan diluar pantauan orang tua dan guru. Tingkah laku negatif itu bahkan dapat menjangkitkan teman-temannya.

Pertumbuhan dan perkembangan negatif yang mereka peroleh merubah perilaku siswa. Guru selalu berkomentar susah mendidik siswa zaman kini. Tak dapat dipungkiri mereka berubah dari segala lini.

Perubahan-perubahan dari segi bahasa yang mereka gunakan antar sesama dengan menggunakan bahasa gaul. Bilamana bahasa gaul ini bila tidak ditanya, siswa bisa jadi balik menertawakan gurunya.

Bertimbunlah tantangan yang dihadapi guru dalam menghadapi tingkah laku siswa. Belum lagi menghadapi prilaku tak matang saat terlaksananya proses belajar mengajar. Tingkah laku tak matang, seperti rentang perhatian pendek, hiperaktif, terlalu tergantung, tidak terampil bahkan egois.

Hambatan dalam belajar secara intrinsik, dan perkembangan mereka di sekolah dasar saat ini perlu menjadi perhatian guru. Guru mencari upaya-upaya untuk dapat mengendalikan siswa agar terjadi interaksi positif agar saling menunjang, berkaitan dan melengkapi agar mereka bersinergi.

Perhatian guru terhadap perkembangan motorik, pengamatan, fantasi, bahasa serta perkembangan berpikir, perasaan, kemauan dan rasa sosial, dapat ditingkatkan dengan mempertajam penguasaan psikologi perkembangan.

Memahami perkembangan siswa dari perkembangan motorik dapat diberikan guru dengan memberikan ruang bermain, bergerak dan berkarya agar semakin bertambah pengalamannya dan kurang melakukan gerakan yang tidak jelas. Ini salah satu contoh menguasai beberapa perkembangan yang terjadi saat bersama siswa.

Apalagi perkembangan bahasa yang akan memengaruhi kemampuan bicara dan komunikasi orang lain secara timbal balik. Siswa mesti dilatih oleh guru agar mereka mampu mengungkapkan informasi, saran, kritik, permintaan dan pertanyaan dengan ekspresi untuk dapat memengaruhi orang lain dengan bijak.

Kenapa harus mempertajam psikologi perkembangan? Ilmu yang dapat mengiringi perkembangan zaman untuk anak didik adalah psikologi. Psikologi adalah ilmu yang menyelidiki dan membahas tentang tingkah laku manusia.

Artinya psikologi dapat memberikan solusi. Sedangkan yang selalu menjadi masalah adalah perkembangan rohani yang dialami manusia terus menerus. Dengan mempertajam psikologi perkembangan, guru akan lebih mudah mengarahkan dan memahami siswa, bahkan melebur bersama mereka.

Sejalan dengan ini, Ali bin Abi Thalib: ‘Allimu auladakum fainnakum makhliquna Lizamanin ghairi zamanikum. Artinya didiklah/ajarilah anak-anakmu karena mereka diciptakan untuk zaman yang bukan zaman kalian.

Paradigma guru sebagai pendidik, pengajar yang tertera dalam undang undang dapat dilengkapi untuk zaman sekarang bahwa seorang guru, selalu membersamai perkembangan psikologi siswa agar terjadi harmonisasi dalam dinamisasi yang beragam corak di lingkungan sekolah. (*)

Daftar Pustaka

  1. Undang- undang guru dan dosen
  2. Zulkifli.Drs. Psikologi Perkembangan: Penerbit Remaja Rosdakarya
  3. Hambatan- hambatan dalam belajar
  4. Al- Qur’an dan hadist

Penulis: Yesi Novika, S.Ag

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com