Menjadi Penulis, Mengembangkan Diri untuk Profesi Berkualitas

WPdotCOM — Tepat pukul 11.00 WIB siang  hari Senin, 22 Oktober 2018, penulis sedang asyik mengajar di dalam kelas. Tiba- tiba kepala sekolah mengucapkan mengetuk pintu dan mengucapkan asalamualaikum. Bersama-sama anak-anak, kami menjawab salam kepala sekolah.

Penulis  mempersilakan ibuk masuk lalu kepala sekolah menyampaikan bahwasanya penulis dimasukkan peserta Workshop Penulisan Karya Ilmiah Guru Sekolah Dasar. Kepesertaan ini diusulkan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS). Dengan rasa terkejut penulis mendengar kabar dari kepala sekolah. Karena dalam pikiran terbayang penulis akan merangkai kata-kata untuk membuat buku. Selama ini tidak pernah menulis, apalagi menulis karya ilmiah, hanya di media sosial saja, dan untuk kebutuhan sendiri,. Dengan nada cemas penulis sampaikan, bahwa tidak pernah menulis. Bagaimana nantinya bila ikut kegiatan tersebut. Dan kepala sekolah menjawab coba aja dulu di sana kan di ajarkan nanti.

Menurut Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2010 dan Nomor 03/V/BP/2010 tentang petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, serta peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2015 tentang Standar Nasional dan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 tahun 2009 tentang Angka Kredit, maka muncullah semangat dari penulis untuk mengikuti Workhsop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Sijunjung yang bekerja sama dengan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati. Hal itu jelas akan mempermudah penulis untuk naik pangkat ke golongan selanjutnya, serta untuk mempermudah penulis untuk menulis karya tulis yang dibutuhkan.

Setelah kepala sekolah keluar, penulis menyampaikan kepada anak-anak bahwa penulis  akan pergi  ke Muaro untuk mengikuti Workshop Penulisa Karya Tulis Ilmiah Guru Sekolah Dasar selama 2 hari. Di Hotel Bukik Gadang. Lalu penulis menyusul kepala sekolah  ke kantor. Sesampai  di kantor penulis menanyakan lagi mengapa siang  baru diberitahukan. Menurut kepala sekolah,  rencana awalnya bukan penulis yang pergi, tetapi teman itu ada halangan penting maka  itu penulis yang mengantikannya.

Dengan penuh semangat penulis menanyakan apa saja yang akan dibawa ke sana. Kiranya, yang dibawa adalah laptop, flashdisk, kabel sambung, dan materai. Lalu penulis berangkat pukul 11.40 WIB dengan hati berdebar. Tidak karuan rasanya selama perjalanan karena terlambat.

Pas pukul 12.00, tiba di Hotel Bukik Gadang. Penulis langsung masuk ke dalam, dan teman-teman sedang makan siang. Penulis langsung menghampiri teman-teman, dan menanyakan dimana panitia. Setelah dijawab, penulis menemui panitia untuk melapor bahwa penulis lah yang mengantikan teman dari Koto VII. Setelah selesai menemui penitia penulis lansung disuruh makan dan diberi kamar yang telah disediakan.

Syukur Alhamdulillah penulis telah terpilih untuk menggikuti workshop ini. Baru saja penulis mengikuti beberapa jam, penulis sudah terbayang akan menciptakan sebuah buku.

 

Daftar Pustaka

Peraturan Menteri Negara Pembedayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2010 dan Nomor 03/V/BP/2010

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2015 tentang Standar Nasional

Penulis: Desi Eliana, S.Pd (Guru SDN 23 Limo Koto)

Tinggalkan Balasan