Berawal dari Keraguan, Menuju Pengembangan Diri Berkelanjutan di Bidang Literasi

ARTIKEL ILMIAH20 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM — Ponsel berdering pelan, pertanda satu pesan masuk. Bergegas tangan ini menggapainya. Sejak tadi hanya hening.

Ternyata pesan whatsapp atau lebih populernya WA. Dilihat isinya sebuah surat undangan dari dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung yang langsung ditanda tangani oleh Bapak Kepala Dinas, yaitu Ramler, SH. MM. Pesan tersebut menjelaskan Kegiatan Workshop Penulisan Karya  Tulis Ilmiah Guru Sekolah Dasar yang bekerjasama dengan Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati.

Shopee Indonesia

Pada undangan  itu, ada syarat yang diberikan. Yakni, PNS, dan umur tidak lebih dari 45 tahun. Artinya penulis bisa untuk mengikuti workshop tersebut. Niat untuk mengikuti acara ini disampaikan langsung kepada kepala sekolah. Ia menyambut niat ini dengan baik dan mendukung keinginan penulis dan langsung mengabari Ketua K3S. Ia juga menyarankan agar mendaftarkan ketua gugus masih-masing.

Shopee Indonesia

Hari Sabtu kepala sekolah yang selalu memberi support pada gurunya, meminta TU atau operator sekolah untuk membuatkan surat tugas mengikuti workshop tersebut. Surat tugas itu, sudah disesuaikan dengan undangan dari dinas Dendidikan dan Kebudayaan yang akan dilaksanakan pada hari Senin sampai Selasa, tanggal 22 dan 23 Oktober 2018 di Hotel Bukik  Gadang. Acaranya akan dimulai pukul 7.30.

Selain ingin memenuhi persyaratan untuk bahan kenaikan pangkat dari IIIb ke IIIc, sesuai dengan PermenegPAN-RB Nomor16 Tahun 2009 yang isi nya tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Bagi penulis, yang terpenting adalah mempelajari cara menulis yang baik. Juga mengharapkan dapat menerbitkan sebuah buku atau malahan lebih. Di pikiran ini banyak terpikir keuntungan dalam mengikuti workshop tersebut, karena penulis sadar dalam menulis selama ini tidak mengetahui apa-apa. Bagaimana cara menulis yang baik, dan teknik menjadi penulis yang baik. Apalagi setelah melihat narasumbernya yang berasal dari penulis dan  jurnalis di beberapa media online nasional, penulis puisi, buku, novel dan sekaligus direktur P3SDM Melati.

Pagi Senin, 22 Oktober 2018 pukul 07.15 WIB, penulis sampai di Hotel Bukik Gadang. Masih sepi, belum banyak teman seperjuangan terlihat. Hanya beberapa orang. Di depan lobi hotel bertemulah penulis dengan wajah yang tidak asing lagi, wajah yang manis, selalu tersenyum ramah, manis sekali. Orang yang sering penulis temui jika ke dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Penulis juga memberikan senyuman yang tak kalah manisnya, penulis lebih senang memangil beliau dengan Mbak Neng, “Silahkan duduk, Bu Venty,” itu yang keluar dari suaranya yang merdu. Dan penulis  diberi beberapa lembar kertas yang harus diisi dengan data pribadi, juga sebuah tas berwarna pink. Isinya alat tulis, buku panduan dan modul workshop.

Penulis kembali bertanya pada hati, apa penulis mampu mengikuti workshop ini? Hati ini ragu, galau kata anak zaman now. Tapi langsung penulis tepis pemikiran yang membuat penulis tidak akan pernah maju. Penulis berniat akan mengikuti workshop ini dengan baik dan menghasilkan karya ilmiah.

Daftar Pustaka

Permenagpan-RB Nomor 16 Tahun 2009

Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010

Penulis: Venty Nova Guswinta,S.Pd (Guru SDN 17 Palaluar)

Blibli.com
Shopee Indonesia
Blibli.com

Tinggalkan Balasan