oleh

Membuka Wawasan, Ternyata Setiap Orang Mampu Menulis

WPdotCOM – Akhir minggu ketiga Oktober 2018, ada tawaran dari kepala sekolah untuk mengikuti workshop karya tulis ilmiah. Ini adalah sesuatu yang membuat penulis bersemangat.

Kepala sekolah SD Negeri 31 Kamang tempat penulis mengabdi,  Nurhayati. M, S.Pd memperoleh berita tersebut dari Pengawas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sijunjung M. Nasir, S.Pd. Informasi itu meminta Kepala Sekolah untuk mengirim  sembilan orang guru sebagai utusan dari Kecamatan Kamang Baru. Semua utusan itu akan mengikuti workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Guru Sekolah Dasar  se-Kabupaten Sijunjung Tahun 2018. Rencananya acara bertempat di Hotel Bukik Gadang, mulai dari tanggal 22 sampai sampai 23 Oktober 2018.

Penulis menjadi bersemangat karena karya tulis ilmiah sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan pengetahuan. Terutama bagi penulis, yang belum mengerti seluk-beluk dalam membuat karya tulis. Pengalaman penulis selama ini dalam bidang karya tulis ilmiah sangat terbatas, karena penulis hanya pernah balajar tata cara penulisan semasa di bangku perkuliahan.

Sebenarnya ada rasa tidak percaya diri dalam mengikuti pelatihan ini. Tetapi karena tuntutan sebagai seorang pendidik harus meningkatkan mutu pendidikan, penulis menjadi yakin mampu menambah wawasan dalam pendidikan yang akan meningkatkan mutu pendidikan.

Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Bab II pasal 3, Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat berilmu cakap dan kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Selain itu, keterampilan menulis juga dibutuhkan sebagai syarat kepangkatan. Hal ini sesuai dengan Permenneg PAN-RB No 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Sejalan dengan hal itu, juga diatur dalam Permendiknas No. 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Demikian juga dalam PP No. 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang menerangkan bahwa Pegawai Negeri Sipil harus bersikap Profesional, memiliki nilai dasar dan etika profesi.

Baca Juga:  Penggunaan Whiteboard pada Pembelajaran Kimia Secara Daring

Untuk memenuhi tuntutan tersebut, akhirnya penulis memantapkan diri menambah pengetahuan guna memenuhi persyaratan kepangkatan guru. Penulis beranjak dari kamang baru yang merupakan daerah perbatasan Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau. Tepatnya di daerah Timpeh V yang merupakan daerah transmigrasi. Jarak tempuh dengan pusat Kabupaten cukup jauh, sehingga perjalanan memakan waktu lebih kurang 2 jam.  Selama perjalanan penulis menikmati pemandangan alami yang disuguhkan oleh alam. Hamparan perkebunan sawit yang menghijau dan sawah penduduk sekitar yang mulai menguning,  seolah-olah mengucapkan selamat jalan kepada penulis.

Setibanya penulis di tempat kegiatan pukul 08.00 WIB. Setelah mengikuti proses pendaftaran, penulis segera masuk ke ruangan acara. Ternyata di dalam ruangan, pemateri Nova Indra, dan rekan guru lain sudah ada berada di sana. Lalu acara pun dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Ramler, SH, MM.

Begitu acara dimulai dan pemateri menjabarkan tentang proses penulisan Karya Tulis Ilmiah, sungguh sangat membuka wawasan penulis. Pemateri memberikan motivasi-motivasi kepada penulis yang menggambarkan kepada peserta worshop, menulis bukanlah hal yang sulit. Pemateri menjanjikan bahwa setiap orang mampu menulis. Ucapan pemateri membuat penulis menjadi bersemangat dan percaya diri dalam membuat Karya Tulis Ilmiah.

Daftar Pustaka

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.16 Tahun 2009

Permendiknas No. 35 Tahun 2010 turunan Permennegpan-RB No. 16 Tahun 2009

PP No. 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Penulis: Widiarti Andes Valta (Guru SD Negeri 31 Kamang)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *