oleh

Majalah Sekolah, Wujud Kepedulian Pengembangan Gerakan Literasi

WPdotCOM — Gerakan literasi sekolah (GLS), merupakan salah satu bentuk kesadaran pemerintah akan pentingnya membangun budaya literasi dalam dunia pendidikan.  

GLS ditujukan supaya tercipta budaya membaca dan menulis di lingkungan sekolah. Membangun budaya membaca dan menulis, sangat penting dikembangkan di setiap sekolah. Hal ini salah satu ditargetkan untuk meningkatkan kemampuan berfikir dalam bentuk mencurahkan ide, serta membangun kemampuan analisa berfikir peserta didik.

GLS merupakan langkah menyikapi kebijakan Kemendikbud yang telah menetapkan tahun depan tidak ada lagi UNBK. Menurut kebijakan yang dilahirkan, akan diganti dalam bentuk asesmen kompetensi minimal. Dari asesmen yg diujikan kepada guru,  dapat dipedomani bahwa keterampilan membaca sangat dibutuhkan untuk  menganalisa soal dan kemampuan numerik. Untuk itu GLS sangat penting dikembangakan di sekolah.

Dalam rangka meningkatkan gerakan literasi di sekolah melalui membaca dan menulis, maka diperlukan sebuah wadah dalam bentuk majalah sekolah. Hal ini disikapi oleh SMAN 2 Padangpanjang dengan menyelenggarakan pelatihan menulis untuk siswa dan guru, Kamis 19 Maret 2020.

Narasumber pada pelatihan menulis ini, adalah Nova Indra pimpinan lembaga Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati yang juga Pemimpin Umum Jurnal Warta Pendidikan.

Di awal pelatihan menulis ini, kepala SMAN 2 Padangpanjang mengharapkan penerbitan majalah sekolah dapat terwujud, dan bisa terbit sesuai dengan frekuensi waktu yg diinginkan. Kemudian majalah ini bisa memotivasi guru dan peserta didik untuk menulis, menuangkan karya dan ide kreatif.

Adapun tujuan keberadaan majalah sekolah yang rencananya akan diberi nama The Smanders itu, adalah untuk mengembangkan gerakan literasi sekolah. Sebagai wadah kreativitas siswa di bidang literasi menulis, dan media piblikasi karya tulis ilmiah guru, sekaligus media informasi sekolah.

Semoga majalah The Smanders SMAN 2 Padang Panjang dapat terwujud dan terbit secara berkelanjutan.

Penulis: Hendra Arinal, S.Pd., M.Si. (Kepala SMAN 2 Padangpanjang)

Baca Juga:  Usai Tinjau Posko Penanganan Covid-19, Thomas Ola Sambangi “Rumah Waienga”

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar