Kurikulum Mulok Antisipasi Kepunahan Bahasa dan Budaya Lokal

Berita Daerah89 Dilihat
Shopee Indonesia
Shopee Indonesia

WPdotCOM, Lembata – Bahasa dan budaya lokal merupakan identitas dan jati diri masyarakat setempat. Bahasa dan budaya merupakan dasar pijak yang mengatur hidup dan kehidupan masyarakat yang diharapkan akan terus hidup dan diwariskan secara turun temurun.

Dasar pemikiran inilah yang coba dirancang dalam seminar nasional mengisi bulan bahasa di satuan pendidikan SMPN 1 Nubatukan Lewoleba-Lembata-NTT bertajuk: “Peluang dan Tantangan Bahasa Lokal dalam Konteks Budaya.”

Shopee Indonesia

Sebuah kolaborasi intelektual yang coba dibangun antara manajemen SPENSA Nubatukan, Komunitas Teater Perempuan Biasa Kupang dan Asosiasi Peneliti Bahasa Lokal (APBL), terselenggara dengan baik setelah mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan akademisi hebat tanah air. Seminar ini berlangsung di Studio SPENSA FM yang dibuka oleh Samun Silvester, SH., Kadis PKO Kabupaten Lembata-Provinsi NTT pada Jumad (23/10/2020).

Shopee Indonesia

Dalam sambutan tertulisnya, Kristoforus Lera, M.Pd., selaku Ketua Panitia Penyelenggara seminar mengatakan, tujuan dari  seminar ini adalah membudayakan literasi; memelihara dan melestarikan nilai-nilai akar budaya melalui jalur pendidikan; memelihara unsur-unsur budaya seperti bahasa, dialek, tarian daerah, musik dan tradisi; menumbuhkan cita rasa pada bahasa dan budaya daerah sejak dini; mendukung program pemerintah daerah Kabupaten Lembata sebagai kabupaten literasi; membangun hubungan keilmuan antarlembaga pendidikan dan para akademisi melalui kegiatan literasi, seni dan budaya.

Prof. Made Budiarsah, MA., Professor pada Universitas Udayana Bali dan Ketua Asosiasi Peneliti Budaya Lokal Pusat.

Sementara itu, Melkior Muda Making, S.Pd selaku Kepala Sekolah SPENSA Nubatukan mencoba membeberkan, terselenggaranya even nasional mengisi bulan bahasa di SPENSA NUBA berawal dari tawaran ide Dr. Lanny Koroh. Sebagai penggagas, Pendiri Teater Perempuan Biasa Kupang-NTT ini pun secara teknis membangun komunikasi dengan para pakar dan akademisi.

Menurut Melki, sambutan positif tidak hanya datang dari para pakar yang memiliki spesifikasi khusus pada bidang bahasa dan budaya. Para guru juga antusias mendaftarkan diri untuk mempresentasikan makalahnya secara virtual.

Blibli.com
Shopee Indonesia